Tiga Bentuk Rumusan Hipotesis Penelitian

Tiga Bentuk Rumusan Hipotesis Penelitian

Tiga bentuk rumusan hipotesis diantaranya hipotesis deskriptif komparatif dan hubungan . Hipotesis deskriptif adalah dugaan tentang nilai suatu variabel mandiri tidak membuat perbandingan atau hubungan. Sebagai contoh, bila rumusan masalah penelitian sebagai berikut ini maka hipotesis atau jawaban sementara yang dirumuskan adalah hipotesis deskriptif.

  1. Seberapa tinggi daya tahan lampu merk x?
  2. Berapa tinggi produktivitas padi di kabupaten klaten?
  3. Berapa lama daya tahan lampu merk a dan b?
  4. Seberapa baik gaya kepemimpinan di lembaga x?

Dari 3 pernyataan tersebut antara lain dapat dirumuskan hipotesis sebagai berikut:

  1. Daya tahan lampu merk x = 800 jam
  2. Produktivitas padi di kabupaten klaten 8 ton per ha
  3. Daya tahan lampu merk a = 450 jam dan merk b = 600 jam
  4. Gaya kepemimpinan di lembaga x adalah mencapai 70% dari yang diharapkan

Dalam rumusan hipotesis statistik, antara hipotesis nol atau ho dan hipotesis alternatif atau hk selalu berpasangan bila salah satu ditolak, maka yang lain pasti diterima sehingga dapat dibuat keputusan yang tegas. Kalau ditolak pasti ha diterima. Hipotesis statistik dinyatakan melalui simbol-simbol.

Baca juga: Teknik Sampling dalam Penelitian Ilmiah

Hipotesis Statistik dirumuskan dengan 10 simbol statistik dan diantara hipotesis nol Dan alternatif selalu dipasangkan . Dengan dipasangkan itu maka dapat dibuat keputusan yang tegas mana yang diterima dan mana yang ditolak . Berikut ini diberikan contoh berbagai pernyataan yang dapat dirumuskan hipotesis deskriptif statistiknya:

Suatu perusahaan minuman harus mengikuti ketentuan bahwa salah satu unsur kimia hanya boleh dicampur kan paling banyak 1% (paling banyak berarti lebih kecil atau sama dengan). Dengan demikian Rumusan hipotesis statistiknya adalah:

H o. 2 lebih kecil atau sama dengan 0,01 dan h. 2 lebih besar 0,01 . Ini dibaca hipotesis nol untuk parameter populasi berbentuk proporsi lebih kecil atau sama dengan 1% dan hipotesis alternatif nya untuk populasi yang berbentuk proporsi lebih besar dari 1%.

Hipotesis komparatif adalah pernyataan yang menunjukkan dugaan nilai dalam satu variabel atau lebih pada sampel yang berbeda contoh rumusan masalahnya adalah . 2 apakah ada perbedaan daya tahan lampu merk a dan b dan apakah ada perbedaan produktivitas kerja antara pegawai golongan 1 2 dan 3
Hipotesis hubungan atau asosiatif adalah suatu pernyataan yang menunjukkan dugaan tentang hubungan antara dua variabel atau lebih. Contoh rumusan masalahnya adalah apakah ada hubungan antara gaya kepemimpinan dengan efektivitas kerja

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *