Terlambatnya perkembangan motorik, Bebahayakah?

Terlambatnya perkembangan motorik, Bebahayakah?

Terlambatnya perkembangan motorik berarti perkembangan motorik anak tidak ada di bawah norma umur anak . Akibatnya , pada umur tertentu anak tidak menguasai tugas perkembangan yang diharapkan oleh kelompok sosialnya . Sebagai contoh , anak yang berada dibawah normal untuk dapat berjalan dan makan sendiri , akan dipandang sebagai anak yang terbelakang .

baca juga : Perkembangan Motorik Anak Usia Dini


Banyak penyebab terlambatnya perkembangan motorik , sebagian dapat dikendalikan dan sebagian lagi tidak . Hal itu mungkin timbul dari kerusakan otak pada waktu lahir atau kondisi pralahir yang tidak menguntungkan atau lingkungan yang tidak menyenangkan pada permulaan paska lahir . Akan tetapi , keterlambatan lebih sering disebabkan oleh kurangnya kesempatan untuk mempelajari keterampilan motorik perlindungan orang tua yang berlebihan , atau kurangnya motivasi anak untuk mempelajarinya . Sebagai contoh , dilaporkan bahwa ibu yang bersikap membatasi akan memperendah tingkat kemampuan anaknya , sedangkan ibu yang bersikap mendorong akan mempertinggi tingkat kemampuan anaknya .

Pengaruh perkembangan motorik yang terlambat berbahaya bagi penyesuaian sosial dan pribadi anak yang baik . Alasannya ada 2 . Pertama hal itu menimbulkan akibat yang tidak menguntungkan konsep diri anak . Akibatnya sering menimbulkan masalah perilaku dan emosi . Sebagai contoh , pada waktu anak berusaha untuk mencapai kemandirian dan ternyata gagal dan pada saatnya harus bergantung pada bantuan orang lain , mereka menjadi putus asa . Pada waktu anak bertambah besar dan membandingkan prestasinya dengan prestasi teman sebayanya sama anak merasa rendah diri karena mengetahui betapa rendah prestasinya . Rasa putus asa dan rendah diri selalu menimbulkan masalah perilaku dan emosi yang sangat berbahaya bagi penyesuaian yang baik .

Kedua , keterlambatan perkembangan motorik berbahaya karena tidak menyediakan landasan bagi keterampilan motorik . Apabila upaya mempelajari keterampilan terlambat karena terlambatnya peletakan landasan bagi keterampilan itu , maka akan mengalami kerugian pada saat mereka mulai bermain dengan anak lainnya . Ini karena hubungan sosial awal terutama berlangsung dalam bentuk bermain . Jika kurang adanya keterampilan motorik yang diperlukan untuk bermain dengan teman sebayanya mempelajari keterampilan tersebut .

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *