Teori Kognitif dan Bahasa Noam Chomsky

Teori Kognitif dan Bahasa Noam Chomsky

Teori kognitif dan bahasa disampaikan oleh banyak filuf. Salah satu filsuf terkenal ialah Noam Chomsky. Chomsky menjelaskan bahwa bahasa distrukturkan sendiri oleh anak-anak (Crain, 2014: 535). Dengan hanya mendengarkan secuplik ujaran, mereka langsung bisamenemukan aturan-aturan seoalah dituntun oleh pengertian bawaan tentang bentuk-bentuk aturan tersebut. Pembelajaran bahasa merupakan kemampuan-kemmapuan yang hanya dimiliki oleh manusia.

Tabel 3. Persamaan dan Perbedaan Perkembangan Kogntif dan Bahasa Menurut Chomsky

 

PERBEDAAN
Perkembangan Kognitif Perkembangan Bahasa
a.       Pengetahuan yang ada di dalam diri anak tidak banyak mendapat rangsangan, anak tetap dapat mempelajarinya. Anak tidak sekedar meniru bahasa yang didengarkannya, tetapi juga mampu menarik kesimpulan dari pola yang ada

 

b.      Pemerolehan bahasa pada manusia bukanlah penguasaan komponen bahasa tanpa berlandaskan pada prinsip-prinsip kognitif.

 

c.       Pada tahap ini orang juga mulai berbicara tentang peran biologi pada bahasa karena mereka mulai merasa bahwa biologi merupakan landasan di mana bahasa itu tumbuh. Orang-orang seperti Chomsky dan Lenneberg mengatakan bahwa pertumbuhan bahasa seorang manusia itu terkait secara genetic dengan pertumbuhan biologinya.

 

d.      Pemerolehan dan perkembangan bahasa terjadi, karena adanya potensi biologis tersebut dan juga adanya lingkungan bahsa yang mendorong, serta lingkungannya umumnya. Pemerolehan dan perkembangan bahasa banyak ditentukan oleh tingkat-tingkat kematangan biologis.

a.       Bahasa sudah ada di dalam diri anak. Pada saat seorang anak lahir, dia telah memiliki seperangkat kemampuan berbahasa yang disebut languange acquisition device (LAD)

 

b.      Bahasa merupakan organ yang sangat istimewa yang berkembang cukup independen sehingga anak tidak akan menggunakan kata-kata dalam susunan yang biasa digunakan oleh orang dewasa

 

c.       Anak belajar bahasa dari apa yang mereka dengarkan secara spontan, kemudian mereka akan menguasainya tanpa program pelatihan apapun (Crain, 2007:  541).

PERSAMAAN
Bahasa memang terkait sebagian dengan bentuk-bentuk kognisi lainnya, namun tidak percaya jika gramatika yang serumit dan sekompleks yang dikembangkan anak dengan sifat khusus seperti ketergantugan pada strukturnya. Menurut Chomsky, bahasa bisa dipahami begitu saja lewat prinsip-prinsip kognitif umum.

Itulah artikel tentang teori kognitif dan bahasa Noam Chomsky. Semoga bermanfaat.

baca juga : Teori Behavioristik: Classical and Operant Conditioning

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *