Teori Bahasa pada Anak Usia Dini

Berbagai pendapat tentang teori perkembangan bahasa yang sesuai dengan tingkat usia anak menurut para ahli.

  1. Teori Behaviorist oleh Skinner, teori ini pertama kali dimunculkan oleh John B Watson (1878-1958) beliau mengembangkan stimulus respon-bons yang telah diperkenalkan oleh Ivan P Pavlov dimana teori ini mengembangkan tentang teori perkembangan bahasa yang menekankan bahwa pross perkembangan bahasa karena adanya rangsangan yang diberikan melalui lingkungan.
  2. Teori Nativist oleh Chomsky berpendapat bahwa perkembangan bahasa adalah bawaan genetic atau dari lahir bukan dari lingkungan. 3. Teori Constructive oleh Piaget berpendapat bahwa perkembangan bahasa terdapat empat periode yaitu: 1. Periode Prelingual ( 0 tahun -1 tahun) Dimana dalam periode ini anak dapat menggunakan bahasa nya untuk berkomunikasi dengan orang lain dengan kata , mama, baba,tata 2. Periode Lingual dini ( 1 tahun – 2,5 tahun)18 Dimana dalam periode ini anak sudah menggunakan bahsa nya walaupun masih belum lengkap.
  3. Periode Diferensiasi ( 2,5 tahun – 5 tahun ) Dalam periode ini anak sudah mulai sedikit demi sedikit terlihat perbendaharaan katanya.
  4. Perkembangan bahasa setelah lima tahun anak sudah dapat melengkapi kalimat yang di bicarakan baikyang di dengar atau pun yang dibicarakan.
Share

6 thoughts on “Teori Bahasa pada Anak Usia Dini

  1. Assalamualaikum.
    Dari penjelasan teori teori bahasa di atas saya bksa memahami bahwa ada beberapa pendapat yg menjelaskan.
    Yg pertama adalah Teori Behaviorist oleh Skinner, yaitu mengembangkan stimulus respon-bons yang telah diperkenalkan oleh Ivan P Pavlov dimana teori ini proses perkembangan bahasa karena adanya rangsangan yang diberikan melalui lingkungan.
    Teori Nativist oleh Chomsky berpendapat bahwa perkembangan bahasa adalah bawaan genetic atau dari lahir bukan dari lingkungan.
    Teori Constructive oleh Piaget berpendapat bahwa perkembangan bahasa terdapat empat periode yaitu: 1. Periode Prelingual ( 0 tahun -1 tahun) Dimana dalam periode ini anak dapat menggunakan bahasa nya untuk berkomunikasi dengan orang lain dengan kata, tata
    2. Periode Lingual dini ( 1 tahun – 2,5 tahun)18 Dimana dalam periode ini anak sudah menggunakan bahsa nya walaupun masih belum lengkap.
    3.Periode Diferensiasi ( 2,5 tahun – 5 tahun ) Dalam periode ini anak sudah mulai sedikit demi sedikit terlihat perbendaharaan katanya.
    4.Perkembangan bahasa setelah lima tahun anak sudah dapat melengkapi kalimat yang di bicarakan baik yang di dengar atau pun yang dibicarakan.
    Sangat jelas dari beberapa teori di atas jika ada beberapa penjelasan mengenai bahasa pada anak. Sekian..

  2. teori perkembangan bahasa
    1.Teori Behaviorist
    perkembangan bahasa yang menekankan bahwa pross perkembangan bahasa karena adanya rangsangan yang diberikan melalui lingkungan.
    2.Teori Nativist
    Chomsky berpendapat bahwa perkembangan bahasa adalah bawaan genetic atau dari lahir bukan dari lingkungan.
    3. Teori Constructive Piaget berpendapat bahwa perkembangan bahasa terdapat empat periode yaitu:
    1. Periode Prelingual
    ( 0 tahun -1 tahun) Dimana dalam periode ini anak dapat menggunakan bahasa nya untuk berkomunikasi dengan orang lain dengan kata , mama,
    2. Periode Lingual dini
    ( 1 tahun – 2,5 tahun) Dimana dalam periode ini anak sudah menggunakan bahsa nya walaupun masih belum lengkap.
    Periode Diferensiasi ( 2,5 tahun – 5 tahun ) Dalam periode ini anak sudah mulai sedikit demi sedikit terlihat perbendaharaan katanya.
    Perkembangan bahasa setelah lima tahun anak sudah dapat melengkapi kalimat yang di bicarakan baikyang di dengar atau pun yang dibicarakan.
    Pemahaman saya mengenai perkembangan bahasa anak

  3. Assalamualaikum wr.wb
    Dari penjelasan diatas tentang teori perkembangan bahasa yang sesuai dengan tingkat usia anak,maka dapat saya pahami.
    1.Teori Behaviorist oleh Skinner,teori ini pertama kali dimunculkan oleh John B Watson (1878-1958)dan diperkenalkan oleh Ivan P Pavlov,teori ini mengembangkan tentang teori perkembangan bahasa yang menekankan bahwa proses perkembangan bahasa karena adanya rangsangan yang diberikan melalui lingkungan
    2.Teori Nativist oleh Chomsky,bependapat bahwa perkembangan bahasa adalah bawaan genetic atau dari lahir bukan dari lingkungan.
    3.Teori Constructive oleh Piaget.berpendapat bahwa perkembangan bahasa terdapat empat periode yaitu :
    1.Periode Prelingual (0 tahun-1 tahun) periode ini anak dapat mengunakan bahasanya untuk berkomunikasi dengan orang lain dengan kata,mama,papa,tata.
    2.Periode Lingual Dini (1 tahun-2,5 tahun) periode ini anak sudah mengunakan bahasanya walaupun masih belum lengkap.
    3.Periode Diferensiasi (2,5 tahun-5 tahun) pereiode ini anak sudah mulai sedikit demi sedikit terlihat perbendaharaan katanya.
    4.Perkembangan bahasa setelah lima tahun,anak sudah dapat melengkapi kalimat yang dibicarakan baik yang didengar atau pun yang dibicarakan.

  4. Assalamualaikum wr.wb baiklah dari
    Berbagai pendapat tentang teori perkembangan bahasa yang sesuai dengan tingkat usia anak menurut para ahli.,dapat saya pahami
    1.Teori Behaviorist oleh Skinner,dimana teori ini mengembangkan tentang teori perkembangan bahasa yang menekankan bahwa pross perkembangan bahasa itu karena adanya rangsangan yang diberikan melalui lingkungan disekitarnya.
    2.Teori Nativist oleh Chomsky berpendapat bahwa perkembangan bahasa adalah bawaan genetic atau dari lahir bukan dari lingkungan.
    3. Teori Constructive oleh Piaget berpendapat bahwa perkembangan bahasa terdapat empat periode yaitu: 1. Periode Prelingual ( 0 tahun -1 tahun) Dimana dalam periode ini anak dapat menggunakan bahasa nya untuk berkomunikasi dengan orang lain
    2. Periode Lingual dini ( 1 tahun – 2,5 tahun)18 Dimana dalam periode ini anak sudah menggunakan bahsa nya walaupun masih belum lengkap.
    3.Periode Diferensiasi ( 2,5 tahun – 5 tahun ) Dalam periode ini anak sudah mulai sedikit demi sedikit terlihat perbendaharaan katanya.

    4.Perkembangan bahasa setelah lima tahun anak sudah dapat melengkapi kalimat yang di bicarakan baik yang di dengar atau pun yang dibicaraka

  5. Assalamualaikum..
    Berikut merupakan pendapat saya tentang pemahaman tentang teori perkembangan diatas

    – Teori Behaviorist oleh Skinner, pertama kali dimunculkan oleh John B Watson (1878-1958) yang telah diperkenalkan oleh Ivan P Pavlov merupakan teori yang mengembangkan tentang teori perkembangan bahasa yang menekankan bahwa proses perkembangan bahasa karena adanya rangsangan yang diberikan melalui lingkungan.

    -Teori Nativist oleh Chomsky merupakan teori perkembangan bahasa adalah bawaan genetic atau dari lahir bukan dari lingkungan.
    Teori Constructive oleh Piaget merupakan teori yang mengemukakan perkembangan bahasa terdapat empat periode :
    1. Periode Prelingual ( 0 tahun -1 tahun) periode ini anak dapat menggunakan bahasanya untuk berkomunikasi dengan orang lain dengan menggunakan kata.
    2. Periode Lingual dini ( 1 tahun – 2,5 tahun) pada periode ini anak sudah menggunakan bahasanya walaupun masih belum lengkap.
    3. Periode Diferensiasi ( 2,5 tahun – 5 tahun ) pada periode ini anak sudah mulai sedikit demi sedikit terlihat perbendaharaan katanya.
    4. Setelah 5 tahun anak sudah dapat melengkapi kalimat yang di bicarakan baik yang di dengar atau pun yang dibicarakan.

  6. Baiklah dibawah ini beberapa pendapat yang dapat saya pahami dari penjelasan diatas tentang teori perkembangan bahasa yang sesuai dengan tingkat usia anak menurut para ahli diantarnya:
    1. Teori Behaviorist oleh Skinner,beliau mengembangkan stimulus respon-bons yang telah diperkenalkan oleh Ivan P Pavlov dimana teori ini mengembangkan tentang teori perkembangan bahasa yang menekankan bahwa pross perkembangan bahasa karena adanya rangsangan yang diberikan melalui lingkungan.
    2.Teori Nativist oleh Chomsky, menurut teori ini bahasa adalah bawaan genetic atau dari lahir bukan dari lingkungan.
    3.Teori Constructive oleh Piaget, menurut perkembangan bahasa terdapat empat periode,. Periode Prelingual ( 0 tahun -1 tahun), Periode Lingual dini ( 1 tahun – 2,5 tahun), Periode Diferensiasi ( 2,5 tahun – 5 tahun ) nah selanjutnya yang terakhir, Perkembangan bahasa setelah 5 tahun anak sudah dapat melengkapi kalimat yang di bicarakan baikyang di dengar atau pun yang dibicarakan. Sekian menurut pemahaman saya, terimakasih semoga materi tentang teori perkembangan bahasa ini dapat bermanfaat untuk kita semua dan memberikan yg terbaik lagi untuk perkembangan bahasa anak, khususnya pada anak usia dini..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *