Teori Bahasa pada Anak Usia Dini

Berbagai pendapat tentang teori perkembangan bahasa yang sesuai dengan tingkat usia anak menurut para ahli.

  1. Teori Behaviorist oleh Skinner, teori ini pertama kali dimunculkan oleh John B Watson (1878-1958) beliau mengembangkan stimulus respon-bons yang telah diperkenalkan oleh Ivan P Pavlov dimana teori ini mengembangkan tentang teori perkembangan bahasa yang menekankan bahwa pross perkembangan bahasa karena adanya rangsangan yang diberikan melalui lingkungan.
  2. Teori Nativist oleh Chomsky berpendapat bahwa perkembangan bahasa adalah bawaan genetic atau dari lahir bukan dari lingkungan. 3. Teori Constructive oleh Piaget berpendapat bahwa perkembangan bahasa terdapat empat periode yaitu: 1. Periode Prelingual ( 0 tahun -1 tahun) Dimana dalam periode ini anak dapat menggunakan bahasa nya untuk berkomunikasi dengan orang lain dengan kata , mama, baba,tata 2. Periode Lingual dini ( 1 tahun – 2,5 tahun)18 Dimana dalam periode ini anak sudah menggunakan bahsa nya walaupun masih belum lengkap.
  3. Periode Diferensiasi ( 2,5 tahun – 5 tahun ) Dalam periode ini anak sudah mulai sedikit demi sedikit terlihat perbendaharaan katanya.
  4. Perkembangan bahasa setelah lima tahun anak sudah dapat melengkapi kalimat yang di bicarakan baikyang di dengar atau pun yang dibicarakan.
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *