Statistik Parametris dan NonParametris Apa Bedanya?

Statistik Parametris dan NonParametris Apa Bedanya?

Statistik Parametris dan NonParametris tentu berbeda penggunaannya. Sehingga uji prasyaratnya pun harus memenuhi standar yang telah ditetapkan. Oleh karena itu peneliti harus jeli dalam memilih disesuaikan dengan kegunaannya.

Statistik parametris

Adalah statistik yang digunakan apabila berbagai asumsi yang dituntut terpenuhi. Pengolahan data meliputi dua kegiatan yaitu pengujian asumsi dan hipotesis. Dengan demikian Pengujian asumsi dilakukan sebelum pengujian hipotesis dilakukan. Jadi apabila dalam pengujian asumsi terdapat syarat yang terpenuhi maka pengujian hipotesisinya menggunakan statistik ini.

baca juga : Data nominal, ordinal, interval, dan rasio

Statistik nonparametris

Adalah statistik yang digunakan apabila hasil pengujian terhadap data menunjukkan tidak terpenuhinya sejumlah asumsi.  Sehingga jika tidak terpenuhinya sejumlah asumsi mengakibatkan tidak diijinkannya penggunaan statistik parametris, Oleh karena itu statistika yang digunakan adalah statistika nonparametris.

Penggunaan kedua jenis ini memberikan implikasi yang berbeda karena hasil dari statistik dapat diperluas kesimpulannya untuk populasi. Terpenuhinya asumsi sampai menunjukkan sifat-sifat yang sama. Dengan demikian, maka asumsi dalam penelitian paramteris dan nonparametris berbeda. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada tabel berikut:

Statistik Parametris Statistik Nonparametris
a.       Menganalisis data interval dan rasio

b.      Distribusi sampel diambil dari distribusi populasi yang terdistribusi secara normal normal

c.       Sampel diperoleh secara random (mewakili populasi) *

d.      E.g. uji-z, uji-t, korelasi pearson, anova*

a.       Menganalisis data nominal dan ordinal

b.      Distribusi sampel diambil dari distribusi populasi yang terdistribusi secara bebas

c.       Digunakan apabila salah satu parameter statistik parametrik tidak terpenuhi

d.      E.g. Uji tanda, Uji Peringkat 2 Sampel Wilcoxon, Uji Korelasi Peringkat Spearman, Uji Konkordansi Kendall, Uji Run(s), Uji Median, Uji chis quare

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *