Seni dan Pendidikan Anak Usia Dini

Seni dan Pendidikan Anak Usia Dini

Seni dan paud merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan karena sejatinya anak menyukai keindahan, kesenangan, kegembiraan, dan seni mempunyai kapasitas untuk memenuhi kebutuhan dasar anak itu titik dalam hal ini tentunya yang harus digarisbawahi bahwa sandi untuk anak-anak berbeda dengan seni orang dewasa. Hal ini penting diperhatikan khususnya dalam melakukan penilaian atau evaluasi karya anak-anak agar supaya bisa kreasi anak tidak diukur menurut selera dan kriteria keindahan orang dewasa. Fungsi seni dalam pendidikan yang berbeda dengan fungsi seni dalam kerja profesional. seni dalam pendidikan, lebih difungsikan sebagai media untuk memenuhi perkembangan anak baik fisik maupun mental.

Dalam pembelajaran seni anak usia dini, pengalaman belajar mencipta seni tersebut pembelajaran berkarya. pembelajaran berkarya seni mengandung dua aspek kompetensi yakni keterampilan dan kreativitas. Di lembaga paud, keterampilan lebih difokuskan pada pengalaman eksplorasi untuk melatih kemampuan sensorik dan motorik anak, bukan untuk menjadikan anak mahir atau ahli di bidang seni titik sedangkan kreativitas, meliputi ranah kognitif afektif dan psikomotorik yang terlihat dari produk atau hasil karya dan proses dalam menyibukkan diri secara kreatif.

baca juga : Pendidikan Seni Tari untuk Anak Usia Dini

Kehadiran seni dalam dunia pendidikan mengisyaratkan bahwa seni mempunyai kedudukan, peran atau fungsi yang penting dalam proses tersebut. Seni pendidikan tidak akan utuh. Kesenian dalam paud adalah hal yang paling mendasar titik melalui seni koman akan memandang, berbuat dan berbicara tentang karya seni ia sendiri dan orang lain. Dengan belajar kesenian anak-anak akan melakukan hal-hal seperti mengungkapkan perasaan dan emosi mereka dengan cara yang aman. mereka belajar mengendalikan emosi dan mengetahui bahwa mereka bisa mengungkapkan dan menangani perasaan yang negatif maupun yang gembira lewat tindakan positif

 

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *