Pola Emosi yang Berkaitan dengan Rasa Takut

Pola Emosi yang Berkaitan dengan Rasa Takut

Pola emosi yang berkaitan dengan rasa takut yang pertama adalah rasa malu. rasa malu merupakan bentuk ketakutan yang ditandai oleh penarikan diri dari hubungan dengan orang lain yang tidak dikenal atau tidak sering berjumpa. rasa malu slalu ditimbulkan oleh manusia, bukan binatang atau situasi titik studi terhadap bayi telah menunjukkan bahwa selama pertengahan tahun pertama kehidupan rasa malu merupakan reaksi yang hampir universal terhadap orang yang tidak dikenal atau orang yang sudah dikenal tetapi memakai baju yang tata rambut yang tidak seperti biasa.

Ketakutan terhadap orang yang tidak dikenal yang menimbulkan rasa malu tampak pada perubahan sikap bayi setelah mereka menjadi terbiasa dengan orang yang tidak dikenal itu atau setelah mengenal kembali orang yang tadinya sudah dikenal titik kemudian umumnya bayi berhenti menangis dan bereaksi dengan ramah. rasa malu dengan kehadiran orang yang tidak dikenal sangat umum pada tingkat usia ini sehingga tingkatan usia ini sering disebut sebagai usia yang tidak dikenal atau periode ketakutannya infantil.

Bagi adanya periode ketakutan ini ialah bahwa pada umur 6 bulan bayi secara intelektual cukup matang untuk menolak perbedaan antara orang yang dikenal dan orang yang tidak dikenal tetapi belum cukup matang untuk mengetahui bahwa orang yang tidak dikenal itu tidak bersikap mengancam titik setelah bayi berhubungan dengan orang yang semakin banyak mereka mulai mengetahui bahwa orang yang tidak dikenal seringkali merupakan teman apa teman bermain yang menyenangkan titik akibatnya, rasa malu mereka berkurang dan waktunya lebih singkat teks meskipun demikian jika rasa malu itu sangat kuat dan sering terjadi hal itu dapat menimbulkan sifat pemalu yang mempengaruhi hubungan sosial anak setelah masa bayi lama berlalu. dan kemudian menjadi anak pemalu.

Dengan bertambahnya usia hanya sedikit anak yang menghindari diri dari pengalaman malu-malu yang terkadang terjadi titik anak-anak mungkin merasa malu dengan kehadiran tamu di rumah oma di hadapan pengasuh bayi yang baru, atau di hadapan guru yang baru. mereka juga mungkin merasa malu ketika orang tua atau teman sebaya mereka menonton mereka bernyanyi atau mengikuti karnaval atau bermain drama di sekolah. rasa malu mereka timbul dari keragu-raguan tentang reaksi orang lain terhadap mereka atau takut kalau orang lain akan menertawakannya.

baca juga: Perkembangan Sosial Emosional AUD

Pada bayi reaksi yang umum terhadap rasa malu ialah menangis kamu memalingkan muka dari orang yang tidak dikenal komandan bergayut pada orang yang sudah akrab untuk berlindung titik hanya bila mereka telah yakin bahwa tidak ada bahaya yang nyata barulah mereka mau mendekati orang yang tidak dikenal itu.

Aneh lebih tua menunjukkan rasa malu dengan muka memerah, dengan mengganggap, dengan berbicara sesedikit mungkin, dengan tingkah yang gugup seperti menari-nari telinga atau baju, dengan menolehkan wajahnya ke arah lain kemudian kemudian mengangkatnya dengan tersipu-sipu untuk menetapkan titik kenal itu. mereka berusaha membuat diri mereka sedikit mungkin menarik perhatian dengan cara berpakaian seperti orang lain dan berbicara sedikit mungkin

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *