Pindah Pulau, Salah Satu Permainan Anak Usia Dini

Pindah Pulau, Salah Satu Permainan Anak Usia Dini

Pindah pulau cocok untuk untuk dimainkan anak usia dini. Permainan ini tidak membutuhkan banyak alat dan bahan. Kesederhanaan permainan ini tentu sangat mudah jika dilakukan guru bersama anak didik.

Alat dan bahan

Guru dapatt menggunakan lantai atau halaman yang sekiranya dapat diberi garis kotak persegi. Jika menggunakan lantai, maka garis dapat dibuat dari kertas ukuran besar sekiranya dapat dibuat berdiri satu anak. Sedangkan jika di halaman daapt dibuat menggunakan kayu untuk digambar bebrentuk persegi.

Buat persegi sejumlah anak dikurangi satu. Misalnya anak dalam satu kelas berjumlah 8, maka persegi hanya dibuat sejumlah 7 saja. Satu anak yang tidak dapat berdiri di persegi maka diberikan tugas seperti diminta untuk bernyanyi atau melakukan gerakan seeprti hewan.

Langkah permainan

Guru sebagai kapten kapal yang memberi aba-aba

Guru memberikan aba-aba dengan sebuah cerita sebagai permulaan. Contoh: Suatu hari kapten kapal beserta anak buahnya pergi ke sebuah pulau. Satu pulau hanya dapat dihuni satu orang. Dalam hitungan ketiga semua harus pergi ke pulau tersebut. Satu dua tiga…

Semua anak menduduki pulau yang telah dibuat oleh guru. Satu anak yang tidak memperoleh pulau diberikan tugas

Setelah anak menyelesaikan tugasnya, guru melanjutkan ceritanya. Contoh: Keesokan harinya semua anak buah kapal harus pindah. Satu dua tiga

Anak yang tidak bisa memperoleh pulau diberikan tugas lagi. Anak yang tadi sudah memperoleh tugas boleh ikut bermain lagi menempati pulau.

Begitu seterunya sampai semua anak puas melakukan permainan.

Aspek yang dikembangkan dalam permainan pindah pulau.

Aspek kognitif yakni ketika anak memikirkan strategi untuk pergi kepulau dan ketika anak diberikan tugas ia harus mengingat syair lagu atau tepuk

Aspek bahasa yakni ketika anak memhami aturan permainan dan bernyanyi atau tepuk ketika dibeir tugas

Aspek motorik kasar yakni kelincahan anak ketika memperebutkan pulau

Aspek emosional yakni ketika anak menerima bahwa ia tidak kebagian pulaunya.

 

nah itulah tentang beberapa persoalan permainan pindah pulau. yang perlu dingat adalah guru perlu memberikan gambaran permainan sebelum dimulai. Semua anak harus mendapatkan kesempatan yang sama.

 

baca juga :Babon Ayam dan Srigala, Permainan Anak

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.