Pertumbuhan Kompleks Anak

Pertumbuhan kompleks anak berada pada posisi di mana anak semakin baik keadaannya. Keadan pada anak semakin membaik terkait pertumbuhan dan perkembangan organnya sesuai dengan fungsinya.

Pertumbuhan adalah Kompleks dan Semua Aspek-aspeknya

Berhubungan sangat erat pertumbumbuhan dan perubahan semua dimensi pertumbuhan memilliki hubungan yang dinamis. Untuk dapat mengonseptualisasikan perkembangan manusia secara seksama. kita harus menyadari lingkup yang luas dari berbagai proses dan transformasi yang dapat terjadi secara simultan pada seorang individu. Sebagai contoh kompleksnya pertumbuhan ialah anak yang gagal untuk tumbuh karena kurangnya curahan kasih sayang dari ibunya. Hal ini menjelaskan bahwa faktor emosional merupakan bagian yang integral dari proses pertumbuhan.

baca juga:Fase Otonomi Perkembangan Anak

Pertumbuhan Mencakup Hal-hal Kuantitatif dan Kualitatif

Perubahan-perubahan terjadi secara berangsur dan ada yang melalui penggantian sehingga memungkinkan tubuh kita untuk tetap bertahan. Pertumbuhan yang terjadi secara berangsur-angsur mengimbangi bagianbagian yang hilang agar dapat tetap berinteraksi dengan lingkungan. Misalnya, anak tumbuh secara berangsur baik tinggi maupun berat badannya. Anak akan bertahan tumbuh walaupun ada bagian-bagian yang terbuang dan hilang dalam bentuk urine, kotoran, keringat pada kulit, oksidasi pada paru-paru, dan penggantian sel-sel yang rusak. Kejadiankejadian itu menggambarkan fakta bahwa organisme adalah suatu konfigurasi yang harus terus-menerus berubah agar dapat terus bertahan. Pengetahuan tersebut merupakan landasan untuk memahami pertumbuhan yang normal dan tidak normal, termasuk kanker, mekanisme yang belum sepenuhnya dipahami melalui penelitian mutakhir sekalipun.

Pertumbuhan terus terjadi melalui perkembangan dan integrasi sel dan jaringan yang berbeda, dengan kapasitas fungsional khusus untuk aktivitas internal dan tidak nampak.

Kematangan adalah proses pertumbuhan yang mengubah organisme dalam arti mengganti dan menolak apa yang telah dipelajari dan diperoleh sebelumnya untuk dapat menggantikannya atau menyesuaikannya dengan fungsi atau proses yang baru yang lebih sesuai dengan ukuran, bentuk, dan fungsi yang sedang tumbuh dan kapasitas-kapasitas lainnya yang sedang berkembang. Istilah pertumbuhan dimaksudkan bukan hanya menunjukkan berangsurnya pertumbuhan tinggi dan besarnya fisik. Pertumbuhan ini mencakup juga diferensiasi struktur dan perubahan bentuk dan fungsi secara berkesinambungan. Hal ini akan jelas dengan adanya urutan dalam proses pertumbuhan.

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *