Pertumbuhan Anak Memiliki Arah yang Teratur

Pertumbuhan anak dan Perkembangan anak Terdapat Keteraturan Arah

Pertumbuhan anak merupakan proses tumbuh bagi anak yang tentunya memiliki alur dan arah yang teratur. keteraturan arah pertumbuhan anak memiliki skema yang memperoleh dukungan dan rangsangan dari orang tua maupun lingkungan. skema pertumbuhan anak ini memiliki proses telah orang tua pahami sehingga┬á pertumbuhannya bisa maksimal. akan tetapi, terkadang orang tua hanya membiarkan saja anak tumbuh dengan sendirinya tanpa memberikan stimulus dan rangsangan yang lebih menyentuh. sehingga anak hanya akan tumbuh secara biasa – biasa saja.

baca juga:Tempo Pertumbuhan Anak tidak sama

Pada awal pertumbuhan bayi pada manusia, seperti juga spesies binatang, tumbuhlah bagian kepala yang kompleks dan besar sedangkan pada masa pertumbuhan bayi yang pesat terdapat pada bagian badan. Pada masa kanak-kanak pertumbuhan yang pesat terdapat pada bagian kaki. keadaan ini menunjukkan bahwa semua makhluk hidup dapat orang pelajari proses pertumbuhannya.

Penguasaan bayi mengenal mata dan kepalanya diperoleh pada tiga bulan pertama sejak kelahirannya. tiga bulan kedua penguasaan pada bagian atas dan tangan, tiga bulan ketiga pada bagian-bagian bawah. Gerakan-gerakan kaki pada tiga bulan keempat. Pada urutannya itu dapat dilihat gerakan motorik dari kepala sampai ke kaki.

Perkembangan lain terjadi pada simetri kiri dan kanan yang disebut perkembangan bilateral. manusia terdapat asimetri dalam simetri. Maksudnya, secara eksternal bagian kiri (badan) manusia hampir menjadi cerminan bagian kanan. bagaimanapun secara internal organ-organ tubuh seperti jantung, usus, dan hati adalah asimetri. Sepintas lalu otak seolah-olah simetri. Sisi kiri otak mempunyai tanggung jawab langsung untuk sisi kanan badan dan sebaliknya. Hasil dari kajian yang dilakukan diketahui bahwa daerah bicara pada otak sebelah kiri lebih besar dari yang kanan. Orang yang dominan tangan kanannya (tidak kidal) mungkin menjadi norma pada manusia, karena daerah bicara berada pada sisi kiri otak. Fakta menunjukkan bahwa kedua sisi otak tidak simetri, baik menemukan bahwa apa yang nampaknya simetri pada perkembangan fisik ukuran maupun fungsinya. Penelitian yang berkelanjutan mungkin tidak perlu simetris pada fungsinya.

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *