Permainan Asik untuk Anak Usia 2 Tahun

Permainan asik untuk anak usia 2 tahun salah satunya adalah petak umpet. Bunda bisa mengajak si kecil untuk bermain petak umpet di dalam rumah. Memanfaatkan ruang ruang di dalam rumah kemudian ajak si kecil untuk berlarian dengan memperhatikan keselamatan benda-benda dan juga kelicinan lantai akan membuat si kecil sangat tertarik. Anak usia 2 tahun sangat suka untuk mencari objek yang tidak tampak di depannya. Apalagi ketika ia melihat bunda atau temannya sedang berlari untuk mencari tempat persembunyian. ia akan berusaha untuk mengikuti sampai tempat persembunyian tersebut. Namun ketika bunda terlebih dahulu sampai tempat persembunyian, dan si kecil belum sampai maka bunda bisa menciptakan suara-suara agar tujuannya si kecil bisa mencari dari mana sumber suara tersebut berasal.

Selain menggunakan ruang ruang di dalam rumah cuma permainan petak umpet juga bisa dilakukan di lantai dengan menggunakan selimut atau kain yang lebar dan panjang. Caranya adalah ajak anak untuk bermain bersembunyi di dalam selimut tersebut lalu ajak anak untuk cilukba. Mereka anak usia 2 tahun sangat suka dengan hal-hal yang berbau persembunyian titik tetapi orang tua harus selalu waspada manakala persembunyian anak-anak ini terlihat kurang aman atau tidak mudah untuk ditemukan. Pernah terjadi di suatu lembaga paud karena si anak ini sering bermain petak umpet di rumah, kemudian ia disekolah mengunci di sebuah ruangan kelas. Maksud dari si anak adalah ia bermain petak umpet namun ia tidak mengatakan kepada bu guru titik bu guruku olahan mencari si anak ini di mana kok tiba-tiba hilang. Setelah diselidiki ternyata si anak Bersembunyi di salah satu ruangan yang dia kunci dari dalam ruangan tersebut. Untungnya bu guru dari jendela bisa meminta si anak untuk membuka kunci ruangan tersebut. setelah diselidiki dan ditanya langsung kepada orang tua Atasi anak tersebut memang suka bermain petak umpet di rumah bersama kakak dan juga orang tuanya.

baca juga : Alat Permainan Edukatif Murah dan Bermanfaat

Permainan petak umpet atau bersembunyi memang sangat menyenangkan untuk anak. hal ini karena ada perasaan tiba-tiba ada dan juga tiba-tiba hilang sehingga dapat mengejutkan hati dan juga pikiran anak. itulah mengapa anak usia 2 tahun mulai menyukai permainan ini. ayah dan bunda bisa memperkenalkan permainan ini sedini mungkin kepada anak. karena bermain pikabu atau cilukba itu juga termasuk salah satu permainan bersembunyi meskipun tidak keseluruhan badan tertutup titik-titik

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *