Perkembangan Bahasa Noam Chomsky

Perkembangan Bahasa Noam Chomsky

Perkembangan Bahasa Noam Chomsky

Salah satu filsuf terkenal PAUD dalam perkembangan bahasa anak usia dini adalah Noam Chomsky. Ia berpendapat bahwa manusia secara biologis terpogram untuk belajar bahasa pada suatu waktu tertentu dan dengan cara tertentu (Santrock, 2007: 370). Manusia memiliki mekanisme otak bawaan yang dikhususkan untuk tugas memperoleh bahasa. Mereka dilahirkan ke dunia membawa perangkat perolehan bahasa (language acquisition device atau LAD) yaitu suatu warisan biologis yang membuat anak mampu mendekteksi gambaran dan aturan bahasa, termasuk fonologi, sintaksis, dan semantic.

language acquisition device atau LAD

LAD inilah yang membantu anak mendeteksi bunyi dan aturan dalam berbahasa. Anak-anak mendengar bahasa secara terbatas, namun mereka bisa mengembangkan dengan cepat dan seragam berbagai system aturan untuk menciptakan banyak kalimat. Chomsky menyimpulkan bahwa anak tidak membangun gramatika dari apa yang mereka dengar melainkan berasal dari batin, sebuah program genetik.

Salah satu bukti bahwa manusia dilengkapi oleh perangkat perolehan bawaan yaitu yang pertama, manusia memiliki aturan-aturan internal sehingga ia mampu membuat kalimat sesuai aturan gramatika untuk menyatakan apa yang dimaksud. Jika hanya dapat menggunakan kalimat yang sudah pernah didengar dan diingat, bahasa seseorang pasti akan terbatas.Tetapi karena kita memiliki system aturan tertentu, kita bisa memahami kalimat yang belum pernah terdengar sebelumnya.

Baca juga :Pandangan Rousseau mengenai Pendidikan Anak

Kedua, anak menguasai aturan dan prosedur linguistic yang kompleks dalam waktu singkat. Bahasa distrukturkan sendiri oleh anak. Dengan hanya sedikit ujaran, mereka langsung bisa menemukan aturan-aturannya seolah dituntun oleh mekanisme bawaannya. Anak usia dini snagat cepar dalam menyerap setiap informasi yang mereka peroleh. Apa yang dikatakan oleh orang dewasa tau teman sebaya akan langsung terstruktur dalam otaknya. Dengan mencontoh mereka dapat megungkapkan kembali kalimat atau ujaran yang mereka dengar. Mereka juga dapat mengkreasi kata-kata yang mereka dengar dengan kaliamt dan makna yang baru.

Share

3 thoughts on “Perkembangan Bahasa Noam Chomsky

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *