Periode Embrionik Perkembangan Pranatal Bayi

Periode Embrionik Perkembangan Pranatal Bayi

Periode embrionik/embrionis merupakan periode perkembangan pranatal yang terjadi dari 2 hingga 8 minggu setelah konsepsi. Selama periode embrionis, angka pemisahan sel meningkat, sistem dukungan bagi sel terbentuk dan organ-organ mulai tampak. Ketika zigot mendekati dinding rahim, selselnya membentuk dua lapisan. Massa sel tersebut disebut embrio. Embrio yang sudah terbentuk terdiri dari (a) lapisan bagian dalam sel (endoderm) yang akan berkembang menjadi sistem pencernaan dan pernapasan, (b) lapisan luar yang terdiri dari lapisan paling luar sel (ectoderm) dan lapisan tengah (mesoderm). Ectoderm akan berkembang menjadi sistem syaraf, penerima sensor (misainya telinga, hidung, mata) dan bagian kulit (misalnya rambut dan kuku), sedangkan mesoderm akan berkembang menjadi sistem peredaran, tulang, otot, sistem pembuangan kotoran badan, dan sistem reproduksi.

baca juga:Permulaan Kehidupan Manusia, Teori Awal Pembuahan

Ketika ketiga lapisan embrio terbentuk, sistem dukungan kehidupan bagi embrio matang dan berkembang dengan cepat. Sistem dukungan kehidupan ini meliputi ari-ari, tali pusar, dan amnion, dan lebih jelaskan dapat diuraikan sebagai berikut.

a. Ari-ari (placenta) merupakan suatu sistem dukungan kehidupan yang terdiri dari sekelompok jaringan yang berbentuk piring yang didalamnya pembuluh darah dari ibu dan anak mengait tetapi tidak menyatu.

b. Tali pusar (umbilical cord) adalah suatu sistem dukungan kehidupan yang mengandung dua pembuluh nadi dan satu pembuluh vena yang menghubungkan bayi dengan ari-ari. Molekul-molekul yang sangat kecil seperti udara, air, garam, makanan dari darah ibu, dan karbon dioksida serta kotoran pencernaan dari darah embrio berpindah dari ibu kepada bayi dan dari bayi kepada ibu. Molekul-molekul yang besar tidak dapat berpindah melalui dinding ari-ari; ini meliputi sel darah merah dan zat berbahaya seperti kebanyakan bakteri dan kotoran ibu.

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *