Penyakit Pada Anak Usia Dini

Penyakit Pada Anak Usia Dini

Penyakit pada anak usia dini biasanya terjadi dalam kurun waktu tertentu. Meskipun dapat sembuh dengan sendirinya mengingat setiap tubuh amnusia diberikan antibodi oleh Allah SWT, orangtua harus tetap waspada manakala rasa sakit anak terjadi beerkepanjangan.

Beberapa penyakit yang biasa menyerang anak. Dimana penyakit ini banyak di derita pada anak-anak pada umumnya,mengapa demikian? Hal ini bisa terjadi akibat dari kekebalan tubuh pada anak berkurang,asupan gizi atau takaran kebutuhan makanan pada anak yang tidak sesuai dengan yang anak butuhkan. Kondisi lingkungan yang kurang baik untuk anak juga dapat menyebabkan penyakit tersebut.

Adapun beberapa penyakut tersebut diantaranya adalah :

Diare

Penyakit diare ini merupakan suatu keadaan pengeluaran tinja yang tidak normal atau tidak seperti  biasanya,pendrita buang air berkali-kali(>3 kali sehari) perubahan yang terjadi berupa perubahan peningkatan volum,keenceran,dan frekuensi denganatau tanpa lender darah. Penyebab diare ini adalah,peradangan usus,kekurangan gizi,keracunan makanan,atau tidak tahan dengan makanan tertentu.

Diare dapat menyebabkan kematian apabila penderita mengalami banyak kehilangan cairan tubuh,terutama pada bayi dan anak-anak di bawah umur 5 tahun. Untuk itu ketika terjadi diare segera berikan oralit,air putih yang cukup,bila masih bayi berikan asi.

baca juga : Pendidikan Kesehatan dan Gizi: Apa Tujuannya?

Demam

Demam bukanlah penyakit melainkan gejala bahwa tubuh tengah membangun pertahanan melawan infeksi,mulai infeksi ringan atau serius.Demam adalah kondisi suhu tubuh di atas normal sebagai akibat dari pusat pengatur suhu tubuhdi hipotalamus otak karena penyebab dari luar atau dari dalam tubuh. Untuk mengobatinta perikas tubuh denngan menggunakan thermometer,cukup minum air putih dan istirhat,berikan obat penurun panas sesuai takaran,kompres anak dan segera bawa anak ke dokter apabila panas tidak kunjung menurun.

Batuk

Batuk merupakan reaksi terhadap adanya benda asing yang masukdi saluran pernafasan,secara fisiologis batuk merupakan pengeluaran benda asing dari dalam tubuh,batuk bisa merupakan salah satu gejala penyakit yang terjadi di saluran pernafasan anak. Penyebabnya adalah penderita penyakit asma,iritasi tenggorokan,atau adanya beenda asing yang menyangkut pada tenggorokan. Infeksi saluran pernafasan bagian atas atau bawah. Untuk mengobatinya perbanyak minum air putih hangat.

 

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *