Pentingnya Aktivitas Motorik AUD di Masa Pandemi

Pentingnya Aktivitas Motorik AUD di Masa Pandemi

Pentingnya aktivitas motorik bagi anak usia dini harus diperhatikan oleh orangtua terutama di saat pandemi seperti ini . Kita harus ingat bahwa Anak usia dini sedang berada dalam masa yang kritis terhadap perkembangannya. Kritis di sini berarti jika kita melewatkan perkembangan yang begitu saja maka proses perkembangan tersebut tidak akan terjadi lagi dan hanya terjadi satu kali seumur hidup. Aktivitas motorik kasar yang harus dilakukan oleh anak sebaiknya distimulasi ketika pagi hari setelah anak melakukan sarapan atau setelah mandi pagi . Pastikan perut anak tidak dalam keadaan kosong atau haus.

baca juga : Perkembangan Motorik Anak Usia Dini

Meskipun ini masih dalam bahasa pandemic, orang tua harus sekreatif mungkin ataupun seminat mungkin untuk menstimulasi perkembangan motorik kasar anak terutama anak-anak yang sedang berlatih keterampilan awal yakni di usia 1 sampai 3 tahun. Jangan sampai di waktu pagi anak-anak sudah sarapan, energi sudah full, sudah makan sudah mandi mereka hanya menonton televisi atau memainkan gadget seperti game atau menonton video di youtube. Hal ini tentu merupakan hal yang sangat sia-sia mengingat Sebetulnya energi berlebih anak usia dini itu berada di pagi hari. Oleh karena itu tidaklah heran ketika dulu sebelum pandemi ketika di sekolah guru merancang agar proses pembelajaran atau kegiatan itu dilakukan di awal untuk stimulasi motorik kasarnya sedangkan untuk motorik halus kognitif bahasa dan sebagainya dilakukan ketika anak-anak energinya sudah sedikit terkuras.

Orang tua dapat mengajak anak untuk berlarian di dalam rumah tentu dengan memperhatikan keluasan serta keamanan Kursi meja ataupun benda-benda yang ada dalam rumah. Dan itu orang tua dapat mengajak anak untuk berkegiatan di pekarangan rumah dengan cara menyiram tanaman atau berkebun bersama. Utamanya adalah anak bisa memperoleh sinar matahari ketika berada di luar ruangan dan jika pun harus tetap dalam ruangan anak-anak tetap bisa mengeluarkan keringat nya ketika pagi hari. Selain untuk mengembangkan aktivitasnya atau menstimulasi mengoptimalkan perkembangan anak kegiatan ini juga dapat menyehatkan anak itu sendiri . Bayangkan jika setiap paginya setelah mandi atau sarapan anak hanya duduk diam dengan menonton layar gadget.

Intinya adalah orang tua harus tetap mengajak anak untuk beraktivitas baik itu secara fisik maupun psikis agar anak-anak tetap tumbuh kembang dengan baik. Kesibukan orang tua memang tidak bisa diganggu gugat lagi tetapi orang tua dapat meminta bantuan jika memang merasa tidak ada waktu kepada pengasuh atau kepada kakak atau kepada keluarga lainnya. Mengutamakan optimalnya tumbuh kembang anak di masa usia dini sangat penting. Tapi kesibukan orang tua dalam bekerja untuk memenuhi kebutuhan anda juga tidak kalah penting . Oleh karena itu kedua hal ini harus bersinergi harus saling berjalan bersinambungan bagaimanapun caranya orang tua harus menemukan langkah yang tepat.

 

 

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *