Pembelajaran Daring 50 Siswa dengan Messenger Facebook

Pembelajaran Daring 50 Siswa dengan Messenger Facebook

Dikutip dari bbc.com tanggal 24 April 2020, Aplikasi Messenger milik Facebook dapat digunakan untuk melakukan Video Call 50 orang sekaligus. Fitur baru ini dapat digunakan untuk melakukan kegiatan pembelajaran daring.

Facebook Memambahkan Fitur Layanan dimasa Pandemi Covid-19

Facebook telah menambahkan gelombang fitur panggilan video baru untuk WhatsApp, Messenger dan aplikasi utamanya, menyusul meningkatnya permintaan untuk panggilan video sosial.

Ruang Messenger baru akan membiarkan orang memulai obrolan video grup yang dapat digabungkan hingga 50 orang.

Perusahaan itu mengatakan kepada BBC bahwa mereka merilis fitur yang lebih awal dari yang direncanakan karena pandemi covid-19.

Facebook mengatakan telah bekerja dengan kriptografer untuk mencegah tamu yang tidak diinginkan dari bergabung ke dalam obrolan.

Sementara fitur baru akan diluncurkan untuk beberapa pengguna di Inggris pada hari Jumat, akan diperlukan beberapa minggu untuk update untuk menjangkau semua anggota Facebook.

Layanan panggilan video telah melihat peningkatan yang tajam digunakan selama pandemi coronavirus. Facebook mengatakan video-panggilan di Messenger telah dua kali lipat sejak tahun lalu, di daerah yang paling terpengaruh oleh coronavirus.

Perkembangan Aplikasi lainnya

Aplikasi saingan zoom melihat pengguna aktif harian tumbuh menjadi 300.000.000 pada bulan April. Dan Houseparty, dimiliki oleh Fortnite-Maker Epic Games, diunduh lebih dari 2.000.000 kali pada awal Maret, sebagai kota utama AS pertama yang dikeluarkan tinggal di rumah pesanan.

Beberapa aplikasi, seperti Microsoft teams, telah menawarkan fitur premium secara gratis selama pandemi.

Facebook Messenger ruang fitur baru diperkenalkan dalam sebuah posting blog oleh Chief Executive Mark Zuckerberg, sebuah langkah yang biasanya disediakan untuk peluncuran produk terbesar.

Fitur baru

Seperti Houseparty, Messenger Room akan membiarkan orang drop masuk dan keluar dari grup video chatting sementara “ruang ” terbuka.

John Hegeman, Wakil Presiden News feed untuk Facebook, mengatakan perusahaan ingin menciptakan “Serendipity ” yang terjadi di dunia fisik, sesuatu yang ia mengklaim video-conferencing pesaing tidak melakukannya.

“Di dunia fisik, Anda memiliki kemampuan untuk bertemu orang… Jadi, kami berharap bahwa beberapa dari kebetulan yang akan dapat terjadi dalam produk ini, “Mr Hegeman kata.

Gambar copyright FACEBOOK

Keterangan gambar
Orang dapat “drop di ” untuk kamar, seperti pada aplikasi saingan Houseparty
Kamar dapat dibuat melalui Facebook atau Messenger, dan perusahaan mengatakan direncanakan untuk menambahkan fitur ke Instagram, WhatsApp, dan perangkat Video-Calling portal “segera “.

Orang yang membuat ruang Messenger akan dapat menjaga kamar pribadi mereka, memblokir peserta yang tidak diinginkan, dan mengirim undangan ke orang yang tidak ada di Facebook.

Peserta akan dapat menggunakan Augmented Reality filter dan mengubah latar belakang mereka secara real-time.

Kamar yang dapat ditemukan publik akan dicantumkan di bagian atas Kabar Berita Facebook.

Layanan ini diuji di Argentina dan Polandia, di mana Facebook Messenger sangat digunakan. Selama pengujian, Kamar bisa mendukung 17 sampai 20 peserta pada suatu waktu, tapi Facebook mengatakan jumlah itu akan tumbuh menjadi 50 selama beberapa minggu mendatang.

Demikian kutipan dari BBC mengenai kabar gembira bahwa Messenger dapat digunakan untuk pembelajaran daring dengan 1 guru dan maksimal 49 siswa.

Terimakasih sudah menyimak Sabyan Website. Simak juga postingan lainnya.

Share

One thought on “Pembelajaran Daring 50 Siswa dengan Messenger Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *