Observasi: Salah Satu Teknik Pengambilan Data

Observasi: Salah Satu Teknik Pengambilan Data

Observasi memiliki kelebihan dan kekurangan yakni dalam penggunaan observasi adalah observer dapat focus pada perilaku atau informasi yang dibutuhkan. Jika anak menunjukkan perilaku agresif, observer dapat focus pada kejadian yang agresif untuk membantu anak menggunakan perilaku lain yang lebih tepat dalam menjalin pertemanan. Kelemahan dalam teknik ini adalah observer dperilakuapat mengalami kesalahan focus ketika melakukan pengamatan karena akan banyak peritiwa dan  yang muncul. Kedua, mengalami bias. Jika sebelumnya observer sudah mendapatkan informasi tentang anak, maka hal ini akan mempengaruhi pikirannya ketika melakukan pengamatan. Ketiga, kesalahan dalam mnginterpretasikan peristiwa. Keempat, anak akan merasa terganggu dengan kahdiran observer di kelas. Anak dapat menunjukkan perilaku yang tidak biasa merkea lakukan. Hal ini akan mempengaruhi kevalidan hasil.

PANDUAN OBSERVASI

MENENTUKAN TEMPAT

Pertama, observer harus menentukan tujuan . Kedua, observer harus memutuskan lokasi yang tepat. Ketiga, observer harus menghubungi pihak sekolah terlebih dahulu .

PERILAKU OBSERVER SELAMA KUNJUNGAN OBSERVASI

Sangat penting bagi observer untuk menjauhi pengacauan kegiatan. Oberver mungkin ingi  menerangkan tujuan observasi dengan pihak sekolah atau guru kelas yang dikunjungi. Di samping itu, observer haru berperilaku sesuai dengan cara yang biasa dilakukan oleh guru. Pada kebanyakan kasus, observer harus rendah hati karena anak sangat sensitive dengan kehadirian orang baru. Penggunaan baju juga akan mempengaruhi. Oelh karena itu pilihwarna baju yang tidak mencolok dan terlihat lebih formal.

ETIKA

Observer harus menggunakan informasi yang diperoleh selama observasi dengan baik. Privasi anak, keluarganya, dan pihak sekolah harus dipertimbangkan. Ketika anak diobservasi secara individu, hanya nama pertama yang boleh digunakan. Diskusi dengan orangtua anak untuk menggunakan data anak sebagai laporan juga penting dilakukan dengan memberikan surat persetujuan.

MENJAUHI PRASANGKA PERSONAL

Prasangka dapat mempengaruhi reaksi observer dan laporan observasi. Jika observer tahu tentang latar belakang dan pengalaman lalunya, maka hasil observasi akan dipenuhi oleh opini probadi. Observer harus menjauhi hal ini  ketika menginterpretasikan informasi. Reaksi observer pada lingkungan sekolah, perilaku guru, dan penerimaan pihak sekolah juga akna mempengaruhi hasil observasi.

baca juga: Analisis Fenomenologi Interpretatif (AFI)

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *