Model Bermain ala Filsuf Pendidikan Frobel

Model Bermain ala Filsuf Pendidikan Frobel

Model bermain ala Frobel dikembangkan dengan konsep anak bermain dengan sendirinya di dalam dan di luar ruangan, seperti menggambar, mengecat, mendengarkan cerita, menyanyi dan menari, bermain di tempat bermain dan latihan pembiasaan sederhana. Di anak-anak di sekolahan diberikan kebebasan untuk berekspresi dan bermain sendiri dalam mempelajari lingkungannya. Guru berposisi sebagai pembimbing dan pemandu anak-anak dalam berbagai kreativitas yang mereka lakukan.

Model bermain Frobel ini telah dikembangkan di inggris tahun 1970 an di kanada tahun 1960 an di itali pada tahun 1970 an, jerman tahun 1970 an dan di belgia tahun 1950 an. pendekatan model bermain secara alamiah yang terpusat pada anak ditawarkan ini ternyata mengalami Perkembangan biologis yang sangat menarik dan menantang diri anak itu sendiri. Frobel yakin bahwa anak mulai belajar setelah mereka berinteraksi dengan dunianya. Misalnya dalam hal melakukan aktivitas motorik seperti menyanyi menari serta bermain secara kelompok. demikian juga kemampuan berkomunikasi nya sangat berkembang dengan baik kemampuan intelektualnya juga berkembang sehingga mampu berpikir dahulu sebelum berbuat yang bukan berdasarkan emosi titik berbuat, berkomunikasi, dan berkembangnya kemampuan intelektual anak diperoleh melalui bermain yang dibutuhkan untuk menyediakan dan memberikan kesempatan kepada anak secara bebas untuk belajar sendiri renang berbagai macam konsep yang akan membuka pemahaman anak dari tidak tahu menjadi tahu sesuatu.

Utama yang dikembangkan oleh Frobel adalah bermain secara alamiah yang berpusat pada anak titik artinya bermain anak itu harus didasarkan pada kebutuhan anak secara bebas, tepat dan alamiah titik dengan demikian model bermain yang dikembangkan adalah menggunakan material yang ada di sekitar anak titik model bermain yang dikembangkan ini bersumber pada bunyi dan suara binatang, manusia, benda mati dan benda dari produk sosial artefak. Model tersebut mengacu pada 5 tema yang ditawarkan frobel yang selanjutnya dinamai dengan model bermain yang bersumber dari suara binatang dan manusia, model bermain yang bersumber dari bunyi benda mati dan model bermain yang bersumber dari bunyi benda produk sosial artefak.

baca juga : Model Bermain ala Montessori Kayak Gimana?

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *