Mengatasi Gagal Install Mendeley pada Laptop atau PC

Mengatasi Gagal Install Mendeley pada Laptop atau PC

Sebelum membahasa cara mengatasi gagal install Mendeley Dekstop pada Laptop atau PC yang menggunakan Windows, terlebih dahulu sabyan memperkenalkan mengenai Mendeley.

Dikutip dari buku Pedoman Publikasi Ilmiah  tahun 2019, yang dikeluarkan oleh Ristekdikti disebutkan Mendeley Mendeley adalah manajer referensi yang dikembangkan oleh startup yang berbasis di London. Kekuatannya terletak pada jaringan dan fitur kolaboratifnya, dan juga dalam menyediakan fasilitas untuk mengelola file PDF dengan mudah.

Mendeley menawarkan versi desktop dan web dengan informasi bibliografi yang disinkronkan, memungkinkan akses dari beberapa komputer dan kolaborasi dengan pengguna lain. File PDF dapat diimpor ke desktop Mendeley dan metadata seperti penulis, judul, dan jurnal diekstraksi secara otomatis. Dimungkinkan untuk melakukan pencarian teks lengkap, menyorot teks dalam PDF, dan
menambahkan catatan tempel. 

Mendeley versi web merekomendasikan makalah kepada pengguna berdasarkan profil mereka dan konten di perpustakaan mereka. Pengguna dapat membuat grup pribadi dan publik dan berbagi makalah dan anotasi. Mendeley bebas digunakan, tetapi dikenakan biaya bulanan jika jumlah dokumen di web Mendeley atau jumlah grup pribadi melebihi batas. Tutorial mengenai mendeley secara rinci akan dibahas pada bagian lampiran.

Berdasarkan buku tersebut dituliskan juga cara mengatasi masalah gagal install Mendeley Dekstop sebagai berikut.

Masalah dan solusi implementasi Mendeley

1. Apa yang harus saya lakukan jika Mendeley Word Plugin hilang di tab References, padahal sudah terinstall?

Tekan bilah alat akses cepat di sudut kiri atas atau menu File Word.
Klik ‘Perintah lainnya’ atau Options
Di panel paling kiri pilih ‘Add-in’
Di bagian bawah pada Manage, pilih ‘Word Add-Ins’

Gambar Word Add-Ins
Gambar Word Add-Ins

Periksa apakah plugin Mendeley ada dan aktif dalam daftar plugin yang muncul

Gambar Word Add-Ins
Gambar Word Add-Ins

Ceklis sesuai dengan gambar diatas, kemudian restart aplikasi word. Pengguna mungkin mendapatkan peringatan keamanan untuk memungkinkan makro baru berjalan, klik ‘OK’

2. System Error (api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll)

System error ini menyebabkan aplikasi mendeley desktop tidak dapat di jalankan karena ada satu bagian aplikasi yang tidak tersedia di sistem operasi seperti pada gambar. Bagian yang hilang itu adalah api-ms-win-crtruntime-l1-1-0.dll yang merupakan bagian dari microsoft visual c ++ oleh sebab itu Kita harus melakukan installasi Microsoft Visual C++ Redistributable for Visual Studio 2017 untuk versi terbaru.

Gambar 6.33 System Error (api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll)
Gambar 6.33 System Error (api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll)

Microsoft Visual C++ Redistributable for Visual Studio dapat di downlod pada link-link berikut : (pilih salah satu link)

https://support.microsoft.com/id-id/help/2977003/the-latest-supportedvisual-c-downloads

https://www.microsoft.com/en-us/download/details.aspx?id=48145

https://drive.google.com/drive/folders/1C_kSruDETnJiOLdu2iiPAV6aR7JwSbz2?usp=sharing

Download sesuai dengan bit sistem operasi Anda apakah 32 bit(x86) atau 64 bit, Kita dapat melihat bit yang di gunakan oleh sistem operasi Kita dengan cara klik kanan di my computer kemudian pilih properties. Contoh berikut menggunakan Microsoft Visual C++ Redistributable for Visual Studio 2017 seperti pada gambar 7.15.

Gambar Visual Studio 2017
Gambar Visual Studio 2017

Setelah file Microsoft Visual C++ Redistributable for Visual Studio 2017 sukses di download maka centang I agree to the license terms and conditions untuk menyetujui syarat dan ketentuan kemudian pilih menu Install.

Gambar Install Microsoft Visual C++ Redistributable for Visual Studio 2017
Gambar Install Microsoft Visual C++ Redistributable for Visual Studio 2017

Jika pada saat proses installasi Microsoft Visual C++ Redistributable for Visual Studio gagal 0x80240017 unspecified error seperti gambar dibawah ini maka diharuskan melakukan update sistem operasi yang digunakan.

Gambar Install gagal Microsoft Visual C++ Redistributable for Visual Studio 2017
Gambar Install gagal Microsoft Visual C++ Redistributable for Visual Studio 2017

Untuk update windows dapat di lakukan dengan cara search windows update atau access Control Panel ==> System and Security ==> Windows Update kemudian Check for updates.

Gambar Install Update Windows
Gambar Install Update Windows

Setelah selesai update pastikan benar benar seluruh update sudah terinstall, jika Microsoft Visual C++ Redistributable for Visual Studio masih gagal saat diinstall setelah update maka artinya Kita masih perlu update lagi, lakukan hal yang sama (update) hingga update dan installasi selesai dilakukan, pada contoh kasus ini Saya melakukan 3 kali update sistem operasi windos 7. Setelah itu install kembali Microsoft Visual C++ Redistributable for Visual Studio, dan hasilnya Setup Successful.

Gambar Install berhasil Microsoft Visual C++ Redistributable for Visual Studio 2017
Gambar Install berhasil Microsoft Visual C++ Redistributable for Visual Studio 2017

Akses kembali Mendeley Desktop dan kini Mendeley Desktop dapat di akses dengan normal. Jika tidak memungkinkan untuk melakukan update windows, disarankan untuk mengunduh mendeley versi lama/ sebelumnya, misal versi 17, 16,15, dst.

3. Error “Unable to start Mendeley Desktop autometically: Connection refused”

Pada bagian error ini seringkali pada beberapa versi sistem operasi, yang ditandai dengan muncul error “Unable to start Mendeley Desktop autometically: Connection refused” atau “There was a problem connecting to mendeley.com to sync your libra,y: SSL hand.shake failed The ce,ti/icate has expired (Cert: )”.

Jika hal ini terjadi lakukan hal sebagai berikut:
Tekan tombol close yang berada di posisi paling kanan pada pesan kesalahan tersebut.
Tekan Ctrl + Shift+ D pada keyboard komputer.
Klik tab “Settings” pada jendela Mendeley Desktop Debug Console yang muncul. Pada bagian  General_lgnoreSslErrors, aturlah menjadi
True. Latu tekan tombol silang (X)
Klik ganda kembali file dokumen referensi dengan ikon tersebut

Apabila dengan cara diatas  masih terjadi kesalahan silahkan tulis komentar dibawah untuk diberikan solusi yang lain. Terimakasih 

Sumber : Buku Pedoman Publikasi Ilmiah Tahun 2019

Share

One thought on “Mengatasi Gagal Install Mendeley pada Laptop atau PC

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *