Menanamkan Nilai Kasih Sayang Kakak-Adik

Menanamkan Nilai Kasih Sayang Kakak-Adik

Kasih sayang adalah hal paling membahagiakan dan memiliki adik adalah hal tidak mudah bagi seorang kakak. Terkadang ada rasa cemburu yang membara dalam diri kakak manakala orangtua lebih memperhatikan adik. Di sinilah peran orangtua harus lebih merata baik pada adik maupun kakak. Terlebih usia kakak yang masih dini, membuatnya merasa ayah dan ibu tidak sayang lagi.

Usia atau jarak ideal seorang anak memiliki adik adalah lima tahun. Pada usia ini anak sudah memiliki kemandirian yang bagus dan dapat diajak berdiskusi bersama. Namun bagaimana jadinya jika kakak memiliki adik di usia kurang dari lima tahun maka bisa jadi rasa semburu kakak menjadi lebih besar.

Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan oleh orangtua untuk menghadapi kakak yang cemburu sehingga bersikap tidak mau mengalah dan menang sendiri.

Berikan pengertian bahwa adik belum semandiri kakak sehingga membutuhkan bantuan ibu

Ibu bisa mengajak kakak berdiskusi berdua. Ajak kakak ke tempat yang nyaman dan sunyi sehingga lebih bisa berkonsentrasi mendengarkan penjelasan ibu. Ibu bisa mengatakan bahwa tubuh adik lebih kecil daripada kakak. Berikan penjelasan jika adik belum selincah kakak yang bisa berlari kesana kemari dengan baik. Oleh karena itu, adik lebih banyak membutuhkan bantuan ayah dan ibu. Walaupun begitu rasa sayang ayah dan ibu sama baik kepada kakak maupun adik.

Jika adik dibelikan barang, maka kakak juga harus mendapatkannya

Ketika orangtua ingin membelikan baju untuk adik, maka kakak juga harus mendapakannya. Tunjukkan rasa adil dan sayang yang sama kepada kedua anak. Dengan cara ini, harapannya kakak tidak timbul rasa cemburu.

Biasakan kakak untuk berbagi mainan atau makanan kepada adik

Ibu bisa meminta kakak untuk memberikan apa yang ia punya untuk melatih rasa kasih sayang. Mendidik agar kakak agar merasakan rasa memiliki adik kecil sangat penting. Kakak bisa diminta tolong untuk menyuapi sepotong kecil kue kepada adik agar rasa sayangnya muncul. Namun apabila kakak tidak mau,maka orangtua harus tanggap dengan tidak memaksanya. “ya sudah mungkin kakak belum bersedia, semoga besok sudah mau berbagi dengan adik” Berikan ucapan-ucapan positif agar kakak tergugah.

Orangtua dapat memuji dengan kata-kata alhamdulilah, ibu senang melihat kakak, kakak sudah pintar mengasuh adik, dan sebagainya. Pujian ini bertujuan untuk memotivasi kakak agar terus mengulangi perbuatannya.

baca juga: Melatih Rasa Percaya Diri Anak Sejak Dini

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *