Masa Depan Guru PAUD Seperti Apa ya?

Masa Depan Guru PAUD Seperti Apa ya?

Masa depan guru PAUD tentu sangat cerah. Banyak yang mengira masa depan guru PAUD tidak terlihat atau suram. Padahal kenyataanya banyak guru PAUD yang sukses. Pertama kita harus ubah mindset bahwa guru PAUD itu di bawah TK. Salah besar. Guru PAUD adalah guru di semua kelompok usia anak didik sebelum memasuki jenjang sekolah dasar.

Setelah kita tahu guru PAUD itu siapa, maka selanjutnya adalah ubah mindsetbahwa menjadi guru PAUD itu mudah. Siapa bilang? Menjadi guru PAUD itu penuh tantangan. Tidak hanya anak usia dini yang diberikan pendidikan, namun jua meliputi orangtua dan masyarakat sekitar. Mengapa? Karena trilogi pendidikan tidak hanya dimiliki oleh sekolah. Maka guru PAUD harus pandai-pandai bekerjasama dengan ketiga pihak ini.

Selanjutnya adalah bagaimana masa depan guru PAUD?

Ditinjau dari segi karir tentu guru PAUD memiliki jenjang karir sekalipun bekerja di lembaga swasta. Seorang guru RA bahkan ada yang sudah impassing atau setara dengan PNS  digaji oleh pemerintah meskipun statusnya bukan PNS. Mereka juga bisa sertifikasi seperti PNS guru lainnya. Asalkan sudah pernah mengikuti PPG maka guru PAUD juga bisa memperoleh sertifikasi.

baca jua : Pengumpulan Data Penelitian Grounded di PAUD

Bagi guru PAUD yang belum sertifikasi karena latar belakang pendidikan bukan S1 PAUD maka bisa juga memperoleh insentif jika sudah masuk ke dapodik. Oleh karena itu penting bagi guru PAUD yang baru saja meniti karir di lembaga PAUD maka pastikan lembaga mau mendaftarkan guru ke dapodik. Kenapa? karena ada beberapa lembaga yang tidak ingin masuk dapodik.

Masa depan sering identik dengan gaji. Tak heran masih ada beberapa mahasiswa yang kuliah di jurusan PAUD tidak yakin dengan masa depannya nanti. Setelah lulus kuliah banting stir mencari pekerjaan lain yang mungkin tidak ada sangkut pautnya dengan kuliahnya selama ini. Biasanya mereka akan mencari pekerjaan dengan latarbelakang background pendidikan semua jurusan.

Nah disinilah peran dosen PAUD. Selain mengajar, mereka juga sebaiknya memberikan wejangan, informasi, semangat untuk mahasiswanya agar tidak menyepelekan jurusan ini. Berikan berbagai berita kesuksesan orang-orang yang berkecimpung di dunia PAUD, beasiswa dalam dan luar negeri, dan pilihan karir setelah lulus S1 PAUD nanti.

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *