Makna Pendidikan bagi Manusia yang Sebenarnya

Makna Pendidikan bagi Manusia yang Sebenarnya

pendidikan sebenarnya memiliki makna yang begitu luas dan pemaknaan itu tergantung dari sudut pandang mana melihatnya. prinsipnya pendidikan itu sering dimaknai sebagai usaha sadar orang dewasa kepada orang lain agar menjadi manusia dewasa yang bertanggung jawab. pendidikan juga merupakan proses pemanusiaan manusia yang memerlukan rentang waktu lama dan panjang. ada yang menyebutkan bahwa pendidikan itu adalah investasi manusia di masa depan.

investasi berarti adalah hal yang harus disiapkan sedini mungkin oleh sesama manusia agar manusia selanjutnya menjadi seseorang yang berkualitas . manusia inilah yang akan menjadi penerus generasi bangsa yang jika berkualitas juga akan menentukan nasib bangsanya di masa depan.
Oleh karena itu proses tersebut diawali sejak manusia dilahirkan pada masa usia dini sampai ke liang lahat atau disebut juga pendidikan sepanjang Hayat long life education.

Proses pendidikan sepanjang Hayat yang berlangsung sebagai pemanusiaan manusia jika dilihat dari tataran perkembangan umur kronologis dan psikologis memiliki karakteristik yang berbeda-beda dalam berbagai segi bahkan tidak kentara dan relatif lebih spesifik. Pendidikan melibatkan proses pembelajaran dan pembentukan perilaku menjadi seseorang yang lebih baik oleh karena itu pendidikan Tidak hanya terbatas pada satu usia satu tempat dan satu waktu tertentu.

baca juga: Sarjana Pendidikan Anak Usia Dini

jadi atau tidaknya perilaku seseorang memang ditentukan oleh pendidikan yang ia dapatkan sejak usia dini Oleh karena itu keluarga memegang peranan penting dalam proses pendidikan. Pendidikan memiliki banyak aspek diantaranya ada pendidikan moral, pendidikan nilai, pendidikan sosial,  pendidikan agama, dan pendidikan pengetahuan banyak sekali aspek dari pendidikan. pendidikan memang membutuhkan waktu yang cukup lama karena tidak ada pendidikan yang disebut sebagai hal yang instan. hasil pendidikan pun tidak bisa kita lihat secara langsung membutuhkan proses ataupun pengamatan sekian waktu pada periode tertentu agar hasil dari pendidikan itu terlihat. ininya proses pendidikan sampai hasil pendidikan itu tidak ada yang instan semua membutuhkan waktu atau periode tertentu bahkan pendidikan itu nanti akan terlihat ketika dewasa.

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *