Kurikulum Satuan PAUD beserta Pengembangannya

Kurikulum Satuan PAUD beserta Pengembangannya

Kurikulum menjadi salah satu pokok penting satuan lembaga PAUD. Hal ini karena kurikulum menjadi acuan atau dasar pokok arah dan tujuan pembelajaran. Seperangkat rencana kegiatan yang disusun dalam satu tahun itulah yang disebut sebagai kurikulum.

Satuan PAUD baik itu TPA, KB, SPS, dan TK wajib menyusun dan memiliki kurikulum. Kurikulum bahkan harus sudah ada sebelum lembaga menerima peserta didik. Arah dan tujuan proses pendidikan ditentukan oleh kurikulum yang disusun. Guru PAUD harus mampu menyusun dan mengembangkan kurikulum. Alasan inilah yang membuat pemerintah Indonesia mewajibkan guru PAUD minimal harus S1 jurusan PAUD.

Pengembangan kurikulum memperhatikan beberapa karakteristik diantaranya karakteristik anak didik, kondisi lingkungan sekitar, visi misi sekolah, dan tujuan akhir layanan PAUD.

Karakteristik anak didik

Sekolah perlu mempertimbangkan kelompok usia yang akan diberikan layanan program. Setiap kelompok usia memiliki indikator perkembangan yang berbeda. Rancangan kegiatan yang ada di kurikulum disusun berdasarkan kemampuan anak di setiap kelompok usia. Selain itu, karakteristik anak jua dapat dilihat dari ciri khas pemikiran dan pembelajaran anak usia dini.

Bermain merupakan salah satu karakteristik yang harus diperhatikan. Sleain bermain, kegiatan yang menyenangkan juga harus dipetimbangkah. Sekolah dapat merencanakan kegiatan baik di dalam maupun ke luar sekolah seeprti outbond dan fieldtrip. Berenang secara periodik juga dapat pengalaman belajar anak tentang air dan olahraga. Kegiatn-kegiatan ini dapat dituangkan pada bagian program tahunan, semester, dan kalender akademik.

Kondisi lingkungan sekolah

Kondisi lingkungan sekolah berkaitan dengan budaya, adat istiadat, dan kebiasaan masyarakat setempat. Sekolah perlu mempertimbangkan beberap hal ini untuk mengembangkan materi yang akan disampaikan kepada anak. Pekerjaan, letak geografis sekolah, dan kebiasaan masyarkat termasuk makanan tradisional, makanan pokok, perilaku, upacara adat, dan segala sesuatu yang sering dijumpai oleh anak.

Visi misi sekolah

Visi merupakan tujuan akhir yang diharapkan lembaga kepada anak setelah mengikuti layanan program layanan PAUD. Penentuan visi melibatkan berbagai stakeholder terkait lembaga. Untuk mendukung visi, maka diperlukan penyusunan misi yang tepat.

baca selengkapnya: Strategi Guru Menghadapi Anak Baru Masuk Sekolah (TK)

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.