Konsep Dasar Bahasa Inggris untuk AUD

Konsep Dasar Bahasa Inggris untuk AUD

Konsep dasar bahasa inggris membahas mengenai materi apa yang bisa disampiakn dalam pembelajaran bahasa ingris untuk AUD.  Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang diakui dan digunakan diberbagai belahan dunia. Penguasaan bahasa Inggris merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi masyarakat modern sekarang ini. Kedudukan Bahasa Inggris di Indonesia merupakan bahasa asing pertama (the first foreign language). Ada dua tipe yakni bahasa Inggris Amerika (American English) dan Inggris Britania Raya (British English).

Contoh : UK:US= bahasa

Football : Soccer = Sepak bola

Biscuit : Cookie = Kue kering

Shop : Store = Toko

Kenapa AUD harus dikenalkan bahasa inggris?

Beberapa alasannya adalah sebagai berikut

  • Menulis di atas batu vs menulis di atas air
  • Jika dipelajari sejak dini, bahasa Inggris tidak lagi menjadi momok yang menakutkan
  • Anak yang menguasai bahasa Inggris dinilai memiliki skill lebih yang memudahkannya menjalani masa sekolah yang menyenangkan.
  • Gerbang pengetahuan semakin terbuka lebar
  • Mempersiapkan anak untuk lebih matang menghadapi masa depan.

Tujuan pengajaran bahasa Inggris mencakup semua kompetensi bahasa, yaitu menyimak (listening), berbicara (speaking), membaca (reading), dan menulis (writing). Banyak orangtua setuju yang terpenting adalah pengucapan. Dapat mengucapkan kata dalam bahasa Inggris dengan benar merupakan langkah pertama sebelum mereka belajar membaca, menulis dan melatih kemampuan mendengar. Perkembangan bahasa anak sebenarnya sudah dimulai sejak anak lahir dengan menggunakan bahasa atau prabicara yang paling sederhana yaitu ”menangis”,

Periode paling sensitif terhadap bahasa dalam kehidupan seseorang adalah antara umur dua sampai tujuh tahun. Anak usia dini sedang dalam tahap preoperational. Oleh karena itu ketika belajar bahasa Inggris mereka memerlukan banyak ilustrasi, model, gambar, dan kegiatan-kegiatan lain. Keberhasilan proses pembelajaran bahasa Inggris pada anak usia dini tentunya dipengaruhi oleh banyak faktor, antara lain :

1.Guru yang berkualitas, guru yang dapat menghidupkan proses kegiatan belajar mengajar.

2.Sumber dan fasilitas pembelajaran yang memadai dan memenuhi syarat (adekuat).

3.Kurikulum yang baik, sederhana, dan menarik (atraktif).

Usia emas atau golden age (0-6 tahun) merupakan momentum saat bahasa anak akan mengalami kemajuan pesat. Pada usia inilah biasanya kemampuan bahasa pertama anak semakin matang dan dapat mulai diperkenalkan dengan bahasa asing.Dr. David Freeman dan Dr. Yvonne Freeman, Professor of Bilingual Education di Amerika Serikat, menyatakan  semakin dini anak terpapar lebih dari satu bahasa, semakin cepat mereka menguasainya.Hal ini disebabkan otak anak sangatlah kuat dan memiliki kapasitas untuk bisa berubah saat menanggapi tuntutan lingkungan, inilah mengapa bahasa justru bagus diajarkan sejak dini. Kemampuan menguasai kosakata dapat membantu anak untuk membaca.

baca juga: Jenis Teknologi untuk Pembelajaran Anak Usia Dini

 

 

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *