Keunikan Dongeng untuk Anak Usia Dini

Keunikan Dongeng untuk Anak Usia Dini

Keunikan dongeng terjadi antara orang tua dan buah hati dalam kehidupan sehari – harinya. Hubungan yang erat terjalin dari sejak dari dalam kandungan sampai dengan dewasa. Kedekatan diantaranya menimbulkan adanya rasa kasih sayang dan saling memiliki. Tingkah laku orang tua cenderung menurun dan dapat ditiru oleh buah hati. Sehingga adanya rangsangan dan teladan yang baik akan membantu buah hati tumbuh dan kembang dengan baik.

baca juga: Perbedaan Individual: Salah Satu Keunikan Belajar di PAUD

Orang tua tentunya memiliki pengalaman yang dapat dipersembahkan kepada buah hati dalam bentuk cerita. Pengalaman orang tua ini akan menjadi sejarah yang dapat diulas kembali dan menjadi harapan bagi buah hati di masa depan. Di masa mudanya orang tua memiliki pengalaman dan cerita yang tersimpan dan dapat disampaikan pada buah hatinya kelak. Pengalaman ini yang akan memberikan rangsangan kepada buah hati untuk dapat menyerap informasi dan stimulus yang ada.

Dongeng menjadi salah satu cara orang tua memberikan dan berbagi kisah kepada buah hati tentang apa yang pernah dialaminya. Memberikannya sebuah cerita yang dikemas dengan suasana yang hangat akan mudah dicerna oleh buah hati. Dongeng dan cerita ini menjadi sebuah kisah unik bagi orang tua dalam mengisahkan dirinya atau tokoh lain yang memiliki nilai – nilai yang ingin disampaikan.

Orang tua sangat berperan dalam memberikan stimulus kepada siswa dalam perkembanganya. Kondisi berdongeng ini memiliki andil yang besar dalam mengisi ruang pikiran buah hati untuk dapat lebih terarahkan. Kedekatan orang tua dan buah hati dapat lebih terjalin. Kedekatan orang tua dan buah hati terjadi pada momen yang sangat tepat untuk lebih melekat pada dalam diri keduanya.

Melalui dongeng dengan suasana yang bahagia, santai dan akrab ini kadang memunculkan canda dan tawa tetapi memiliki makna yang dalam bagi perkembangan buah hati. Banyak cerita – cerita atau dongeng yang menarik yang tentunya akan menggugah selera buah hati untuk meningkatkan karakter dirinya sesuai dengan pesan dalam yang disisipkan oleh orang tua. Hal ini menjadi bukti canda tawa dalam keakraban orang tua dan anak meninggalkan nilai yang dalam.

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *