Ketika Anak Dipukul Temannya, Orangtua Harus…

Ketika Anak Dipukul Temannya, Orangtua Harus…

Ketika anak dipukul temannya, apa yang ayah dan bunda lakukan ?

Jika Anda menyuruh anak untuk tidak membalas

Jika Anda menyuruh anak untuk tidak membalas, maka Anda sedang mendidik anak menjadi orang yang lemah. Suatu saat anak dapat menerima apapun yang dilakukan oleh temannya. Baik itu yang positif atau negatif. Ketika menerima pukulan, anak akan diam atau menangis dan melupakannya. Teman pun dengan senang akan mengulangi perbuatannya tersebut.

Jika Anda meminta anak untuk berbalik memukul

Jika Anda meminta anak untuk berbalik memukul, maka Anda sedang mempersiapkan anak untuk menjadi pribadi yang emosional. Mereka akan menjadikan pukulan dan emosi sebagai cara terbaik untuk menyelesaikan permasalahan. Kekuatan akan menjadi jalan utama bagi anak untuk menyerang oranglain yang tidak ia senangi. Bahayanya jika perilaku ini tertanam sampai dewasa, maka kemampuan anak mengelola emosi cenderung akan sulit. Hal ini juga akan berpengaruh terhadap karir anak ketika dewasa dimana kesuksesan seseorang juga ditentukan oleh kecerdasan emosinya.

Jika Anda meminta anak untuk mengatakan “saya tidak suka”

Jika Anda meminta anak untuk mengatakan “saya tidak suka”, maka Anda sedang mendidik anak untuk menjadi pribadi yang tegas. Orangtua wajib memberikan nasihat kepada anak, jika ada teman yang memukul maka minta anak untuk mengatakan “STOP! Saya tidak suka kamu pukul!”. Lalu minta kepada anak untuk berlari atau pulang ke rumah dan melaporkan kejadian tidak menyenangkan tersebut kepada orangtua atau guru jika terjadi di sekolah.

Sikap ini dapat membentuk kepribadian anak untuk bersikap tegas jika memang ada hal yang tidak ia sukai. Menjauhi anak yang memukulnya juga akan membantu anak terlepas dari kejadian yang berulang. Orangtua juga dapat meminta anak untuk sementara waktu bermain dengan teman yang lain dan menjauhi teman yang emmukulnya. Namun jiak suatu waktu teman yang memukul mengajak bermain bersama, maka anak dapat mengiyakan ajakan tersebut.

Menanamkan perilaku memang membutuhkan kekonsistenan orangtua. Ajak anak untuk berdiskusi bersama menjelang tidur agar lebih terjadi kelekatan dengan baik.

baca juga: Sikap Orang Dewasa ketika Anak Dijauhi Teman

 

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *