Keterampilan Bertanya Lanjut bagi Guru PAUD

Keterampilan Bertanya Lanjut bagi Guru PAUD

Keterampilan bertanya lanjut merupakakan keterampilan lanjutan dari bertanya dasar. Keterampilan bertanya lanjut merupakan keterampilan seorang guru dalam menjelaskan dan bertanya kepada anak. Bertanya lanjut digunakan untuk memancing ingatan anak yang bisa dilakukan ketika apresepsi. Dalam dunia pendidikan guru harus memiliki beberapa keterampilan dasar dalam mengajar, keterampilan tersebut harus dilakukan ketika kita mengajar, salah satunya aadalah Keterampilan bertanya lanjut ini.

Keterampilan bertanya lanjut merupkan salah satu keterampilan dasar mengajar yang wajib dimiliki oleh seorang guru PAUD. Keterampilan mengajar ini dipelajari ketika mata kuliah micro teaching. Semua mahasiswa calon guru PAUD wajib menguasai keterampilan dasar mengajar tujuannya adalah agar ketika di lapangan merka tidak kaku dalam mengajar

Bertanya lanjut berusaha memancing pemahaman anak bagaimana caranya dan kalimat apa yang akan diungkapkan. Guru harus bisa memancing ingatan anak sesuai dengan tema yang didiskusikan. Guru memancing ingatan anak dengan bertanya hal yang berkaitan dengan tema, bertanya tentang apa yang telah dilakukan anak sesuai dengan tema, kemudian mengajak anak untuk berfikir lanjut. Kemudian memberi pertanyaan yang berusaha menghubungkan jawaban anak dengan hal yang sebaiknya dilakukan. Beri pertanyaan yang mengarah pada evaluasi.

baca juga: Keterampilan Bertanya Dasar untuk Guru PAUD

Dalam keterampilan bertanya lanjut ada beberapa keterampilan dasar yang harus terpenuhi, di antaranya : 1) ketika bertanya harus untuk memancing ingatan anak, 2) ketika bertanya berusaha untuk memancing pemahaman, 3) bertanya tentang apa yang telah dilakukan anak sesuai dengan tema yang sedang didiskusikan, 4) mengajak anak untuk berfikir lanjut (sebab-akibat), 5) memberi pertanyaan yang berusaha menghubungkan jawaban anak dengan hal yang sebaiknya dilakukan anak, 6) memberi pertanyaan yang mengarah pada evaluasi apakah perilaku anak tersebut sudah sesuai

Factor pendukung dalam keterampilan bertanya lanjut ini adalah ketersedianya fasilitas yang sesuai, adanya media pembelajaran yang sesuai dengan tema yang kita bahas, adanya respon dari anak. namun guru terkadang mengalami kendala ketika tidak tersedianya media yang kita butuhkan serta anak didik yang pasif yang tidak mau merespon apa yang kita berikan atau kita jelaskan.

 

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *