Kesalahan Dalam Penggunaan Laptop

Kesalahan Dalam Penggunaan Laptop

Kesalahan dalam penggunaan laptop adalah hal yang sangat lumrah terjadi. Padahal adalah gawai yang tidak bisa dilepaskan pada era revolusi industri 4.0. Agar tetap bisa beroperasi secara optimal. .

1. Menutup Laptop dalam Keadaan Masih Menyala

Nah, kesalahan satu ini pasti sering banget Anda lakukan. Setelah dipakai, Anda langsung menutup laptop dalam keadaan masih menyala atau tidak di-shutdown. Tak masalah sih jika hanya sesekali, tetapi jangan menjadi kebiasaan. Tahukah Anda? Menutup laptop dalam keadaan menyala ternyata berbahaya untuk keamanan dan performa dari laptop itu sendiri.

Oleh karena itu, hindari menutup laptop dalam keadaan menyala sebisa mungkin. Jika perlu setelah laptop shutdown, tunggu dahulu beberapa saat agar hawa panas  laptop dapat tersalurkan dengan baik.

Baca juga : Cara menghapus password di laptop asus windows 10

2. Pasang Charge ke Laptop Dulu atau ke Listrik Dulu?

Lebih baik pasang charger ke laptop dulu baru ke sumber listrik atau malah sebaliknya? Nah, ternyata Anda seharusnya menyambung charger dahulu ke sumber listrik, barulah kemudian Anda menghubungkannya ke laptop Anda. Alasannya,  arus pada charger ketika pertama dicolokan tidak stabil. Jika Anda masih melakukan kesalahan ini secara rutin, maka hal tersebut bisa menjadi salah satu penyebab kerusakan motherboard.

3. Charge Laptop Meski Baterai Tidak Habis

4. Tidak Memasang Baterai Laptop dan Langsung ke Colokan Listrik

Apakah Anda pernah menggunakan laptop dengan langsung tersambung ke listrik dengan kondisi baterai laptop dilepas? Banyak yang salah kaprah bahwa hal tersebut bisa membuat baterai laptop tahan lama. Padahal, tindakan tersebut bisa merusak motherboard laptop Anda. Alasannya, karena kondisi tersebut rawan akan loncatan daya listrik yang tidak teratur, dan bisa menyebabkan konsleting. Ciri-ciri motherboard rusak badalah adanya bekas konsleting pada motherboard laptop.

5. Meletakkan Laptop di Pangkuan atau di Kasur

Saat di rumah, tentu saja Anda sering menggunakan laptop di mana saja. Anda mungkin terbiasa menggunakan laptop di kasur sambil memangkunya di atas paha. Sebaiknya tindakan ini jangan menjadi kebiasaan, karena hal tersbut bisa membuat aliran udara di bawah laptop menjadi terhambat dan hawa panas dari laptop akan terperangkap. Jika sudah panas, bukan hanya laptop saja yang rusak, tetapi paha Anda juga bisa terbakar. Sifat dari benda-benda empuk seperti kasur, kursi sofa, dan benda berbahan lembut lainnya adalah tak bisa membuang udara panas dan lebih bersifat menyerap panas.

6. Mengangkat Laptop dengan Memegang Layarnya

Saat sedang terburu-buru, terkadang Anda mengangkat laptop hanya dengan memegang layarnya saja. Meski laptop Anda memang ringan, sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut. Jika masih melakukaknya, bisa berdampak buruk pada engsel dan layar laptop Anda.

7. Membongkar Laptop Sendiri

Membongkar komputer biasa dan membongkar laptop memerlukan teknik yang berbeda. Jika laptop Anda bermasalah dan Anda tidak paham tekniknya, jangan membongkarnya sendiri. Sebaiknya, Anda bawa laptop Anda ke service center resmi atau ke orang yang memang ahli dalam perbaikan laptop.

8. Menyimpan Benda Berat Di Atas Laptop

Secanggih apapun atau semahal berapapun laptop Anda, sebaiknya Anda hentikan kebiasaan menyimpan benda di atas laptop. Apalagi jika benda tersebut bebannya memang sangat berat, seperti buku tebal, dan lainnya. Kebiasaan buruk tersebut bisa menambah resiko kerusakan layar laptop Anda. Tanda-tanda kerusakan layar laptop pada awalnya akan muncul garis-garis vertical atau horizontal. Namun jika terus terjadi, maka akhirnya layar laptop akan rusak permanen dan mau tak mau harus mengganti dengan yang baru. Yang ujung-ujungnya Anda harus keluar uang lebih.

9. Meletakkan Benda Cair Di Dekat Laptop

Sebagai salah satu benda elektronik, laptop juga memiliki musuh utama, yaitu benda cair seperti air. Setiap benda elektronik akan mengalami kerusakan jika sudah terkena cairan. Begitupun dengan laptop yang terdiri dari berbagai komponen elektronik.

Jika sudah terlanjur terjadi, segera matikan laptop Anda. Lalu, lepaskan semua komponen laptop, mulai dari baterai dan lainnya. Kemudian, keringkan semua komponen laptop Anda. Barulah setelah kering, Anda baru bisa menggunakan kembali laptop Anda.

10. Jauhkan Benda Bersifat Magnet Dari Laptop

Mendekatkan benda yang mempunyai sifat magnet ke benda-benda elektronik bisa menyebabkan kerusakan pada laptop. Patut diingat, di dalam perangkat laptop terdapat benda-benda yang memiliki sifat magnet, yaitu harddisk. Nah jika Anda mendekatkan magnet ke laptop, bisa saja semua data yang  di dalam perangkat laptop akan hilang secara permanen.

11. Tingkat Kecerahan Layar Laptop Terlalu Tinggi

Jika Anda menggunakan tingkat kecerahan layar laptop yang terlalu tinggi, selain bisa merusak penglihatan Anda, juga bisa membuat baterai laptop Anda menjadi boros. Oleh karena itu, aturlah tingkat kecerahan laptop Anda yang sesuai dengan kebutuhan.

12. Menyimpan Laptop Di Atas Permukaan Yang Miring

Anda pasti sudah tahu kalau di dalam harddisk laptop terdapat sebuah piringan yang berfungsi untuk proses pembacaan dan penulisan data. Nah, piringan ini akan berputar ketika laptop beroperasi. Berputarnya piringan ini bisa saja semakin kencang tergantung dari penggunaan aplikasi atau program yang berjalan.  Akibatnya, harddisk laptop menjadi bad sector atau bahkan bisa saja langsung rusak. Sehingga, data-data penting Anda di dalam laptop tidak bisa selamat. Oleh karena itu, simpanlah laptop pada bidang yang rata dan keras ketika sedang menyala.

Sumber : https://dosenit.com/ilmu-komputer/troubleshooting/penyebab-laptop-cepat-rusak

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *