Kerugian Psikologis dari Upaya Mengubah Kidal

Kerugian psikologis yang timbul dari upaya mengubah anak yang kidal atau pemakaian tangan kiri ke pemakaian tangan kanan akan berbeda-beda menurut  kondisi di bawah ini:

  1. Pertama , tingkat motivasi anak untuk melakukan perubahan . Jika anak merasa ingin berubah menjadi pemakai tangan kanan , maka anak jauh lebih termotivasi untuk menyediakan waktu dan upaya yang diperlukan untuk melakukan perubahan ketimbang mereka harus sebagai pemakai tangan kiri .
  2. Kedua umur anak pada waktu berusaha berubah menjadi pemakai tangan kanan . Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya , semakin lama menunda perubahan itu semakin sulit bagi anak untuk mengubahnya dan semakin bingung melakukannya
  3. Ketiga, kepribadian membentuk anak . Kepribadian mempengaruhi dampak yang ditimbulkan oleh perubahan penggunaan tangan . Sebagai contoh , anak yang gugup dan cepat tersinggung mungkin akan sangat menderita dan kerugiannya berlangsung lama sedangkan anak yang tenang dan santai mungkin tidak menderita sedikitpun .

Beberapa kondisi untuk dapat melakukan perubahan penggunaan tangan kiri kekanan menurut hildred adalah sebagai berikut

  • Anak masih berada dibawah umur 6 tahun
  • Anak yang menggunakan kedua belah tangan secara bergantian
  • Indeks penggunaan tangan bilateral
  • Periode coba menunjukkan tidak ada kesulitan yang tetap
  • Anak setuju untuk mengubahnya
  • Kecerdasan anak dibawah rata-rata

baca juga : Pemakaian Tangan Kiri pada Anak, Apa yang Salah?

Tidak ada bukti bahwa perubahan penggunaan tangan kanan sebagaimana yang diajarkan oleh tradisi kita akan menimbulkan psikologis yang serius khususnya jika pengambilan tersebut dilakukan sebelum kebiasaan menggunakan tangan kiri terbentuk dengan kuat . Akan tetapi , memang benar bahwa ketegangan tersebut timbul apabila ada gangguan terhadap kebiasaan ia sebagian telah terbentuk . Mungkin menimbulkan penganggaran dan bentuk perilaku gugup lainnya seperti menghisap jempol atau menggigit jari . Hal ini lebih mungkin merupakan gejala tekanan yang timbul dari cara yang digunakan untuk menghilangkan kebiasaan lama dalam upaya membentuk kebiasaan baru ketimbang karena pengubahan penggunaan tangan kanan . Demikianlah artikel tentang penggunaan tangan kidal atau kiri

Referensi dari buku perkembangan anak karya Elizabeth B. Hurlock Edisi keenam

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *