Kegiatan Anak Selama Pandemi Covid di Rumah

Kegiatan Anak Selama Pandemi Covid di Rumah

Kegiatan Anak Selama Pandemi Covid di Rumah

Pandemi covid-19 membuat semua lembaga pendidikan meniadakan pertemuan tatap muka di sekolah. Pemerintah Indonesia masih melarang adanya kumpul dalam satu ruangan dengan banyak orang untuk meminimalisir penyebaran covid. Saat ini pemerintah Indonesia sedang fokus membangun bidang perekonomian agar masyarakat tetap sejahtera meskipun PHK terjadi dimana-mana.

Kondisi ini tentu berdampak pada orangtua yang memiliki anak usia PAUD. Mereka biasanya bisa bekerja dengan tenang karena anak sedang mengikuti kegiatan di sekolah. Namun karena pandemi, anak harus belajar di rumah. Meskipun begitu, guru tetap memberikan kegiatan yang sesuai dengan kurikulum sekolah untuk anak kerjakan di rumah dengan orang tua.

Orangtua mendadak menjadi guru yang harus menguasai materi ajar anak. Perasaan tidak bisa, bingung, dan tidak sabar menghadapi anak sendiri dirasakan oleh orang tua. Pada akhirnya ada yang mengikutkan anak di lembaga les atau bimbingan belajar. lalu bagaimana dengan anak PAUD? Apakah mereka juga baiknya diikutkan les saja? Berikut beberapa pembelajaran yang dapat dilakukan orangtua dan anak ketika di rumah.

Ajak anak memasak bersama

Memasak merupakan kegiatan yang memiliki banyak aspek pembelajaran. Pengukuran, pengenalan warna, bentuk, dan pengembangan bahasa dapat dikembangkan melalui kegiatan ini. Sleian itu, memasak juga dapat melatih anak tentang kesetaraan gender. Banyak orang beranggapan bahwa memasak adalah tugas perempuan. Hal ini tentu mengutamakan stereotip atau bias gender yang seharusnya tidak kita tanamkan sejak dini.

Ajak anak membersihkan rumah

Kegiatan ini mampu melatih rasa tanggungjawab sejak dini. Mulai dari hal sederhana seperti membereskan mainannya sendiri, mencuci piring setelah makan, dan mencuci sepeda yang ia miliki dapat diajarkan kepada anak. Orangtua mendampingi anak melakukan kegiatan ini.

Berolahraga bersama

Berlari atau bersepeda akhir-akhir menjadi trend gaya hidup baru masyarakat kita. Agar tidak sia-sia, ajaklah anak untuk melakukan kegiatan ini bersama. Mulai dari jarak yang dekat yang sekiranya anak mampu melakukannya. Orangtua dapat menunjukkna berbagai pemandangan di jalan untuk dijadikan bahan ajar untuk anak.

Dorong anak bermain dengan teman sebaya sekitar rumah

Jangan biarkan anak terlalu lama di rumah dengan memgang ponsel atau hp. Batasi penggunaan gadget yang memiliki radiasi serta bisa menimbulkan ketergantungan. Orangtua dapat meminta anak untuk bermain di luar dengan teman sebaya. Tujuan kegiatan ini adalah agar proses sosialisasi anak dan perkembangan lainnya tetap berjalan berkesinambungan meskipun tidak dilakukan di sekolah.

Baca juga : Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini

Share

2 thoughts on “Kegiatan Anak Selama Pandemi Covid di Rumah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *