Interaksi Keturunan Lingkungan dan Perkembangan Anak

Interaksi Keturunan Lingkungan dan Perkembangan Anak

Interaksi keturunan dan lingkungan

Interaksi Keturunan lingkungan berjalan bersama atau bekerja sama dan menghasilkan individu dengan kecerdasan, temperamen tinggi dan berat badan, minat yang khas. Bila seorang gadis cantik dan cerdas terpilih menjadi ketua dalam kelasnya. Apakah kita akan berkesimpulan bahwa keberhasilannya itu hanya karena lingkungan atau hanya karena keturunannya. Tentu saja karena keduanya. Karena pengaruh lingkungan bergantung kepada karakteristik genetik, maka keadaan ini menyatakan bahwa antara keduanya terdapat interaksi.

baca juga:Tes Kecerdasan, Apa Saja Jenisnya?

Pengaruh genetik terhadap kecerdasan terjadi pada awal perkembangan anak dan berlanjut terus sampai dewasa. Kita ketahui pula bahwa dengan proses anak tumbuh besar pada keluarga yang sama dapat terjadi perbedaan kecerdasan secara individual dengan variasi yang kecil pada kepribadian dan minat. Salah satu alasan terjadinya hal itu ialah mungkin karena keluarga mempunyai penekanan yang sama kepada anak-anaknya berkenaan dengan perkembangan kecerdasan yaitu dengan mendorong anak mencapai tingkat tertinggi. Mereka tidak mengarahkan anak ke arah minat dan kepribadian yang sama. Kebanyakan orang tua menghendaki anaknya untuk mencapai tingkat kecerdasan di atas rata-rata.

Apakah yang perlu orang tua ketahui tentang interaksi antara keturunan dengan lingkungan dalam perkembangan. Kita perlu mengetahui lebih banyak tentang interaksi tersebut dalam perkembangan yang berlangsung normal. Misalnya, apakah arti perbedaan IQ antara dua orang sebesar 95 dan 125. Untuk dapat menjawabnya memerlukan informasi tentang pengaruh-pengaruh budaya dan genetik. Kita pun perlu mengetahui pengaruh keturunan terhadap seluruh siklus kehidupan. Contoh lain pubertas dan menopause bukanlah semata-mata hasil lingkungan, walaupun pubertas dan menopause dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor lingkungan. seperti nutrisi, berat, obat-obatan dan kesehatan, evolusi dasar dan program genetik. Pengaruh keturunan pada pubertas dan menopause tidak dapat diabaikan.

Perkembangan pada anak tentunya mendapatkan pengaruh secara komplek dari manapu asalnya. Peran keturunan memegang peran penting terhadap proses perkembangan anak. Kontribusi warisan dari orang tua sangat penting dalam memberikan identitas dan ciri khas pada anak. Sedangkan peran lingkungan akan mendukung anak mengembangkan warisan orang tua sesuai dengan usia dan minatnya. Sehingga dapat menyimpulkan bahwa perkembangan anak sangat terpengaruh oleh interaksi keturanan dan lingkungan.

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *