Hati Adalah Mesin Penggerak

Hati Adalah Mesin Penggerak

Postingan ini membahas Hati Adalah Mesin Penggerak yang diramu dari berbagai sumber, dengan membaca tulisan ini anda bisa memahamhakikat hati manusia.

Maka apakah mereka tidak berjalan di muka bumi, lalu mereka mempunyai hati yang dengan itu mereka dapat memahami atau mempunyai telinga yang dengan itu mereka dapat mendengar? Karena sesungguhnya bukanlah mata itu yang buta, tetapi yang buta, ialah hati yang di dalam dada.
Q.S. Al-Hajj 46

Hati Adalah Mesin Penggerak

Potensi manusia adalah hati karena hatilah yang menggerakkan seseorang. Untuk itu banyak dibahas tentang ‘qulub’ dalam Al-Qur’an. Hati adalah qulb, qulb itu adalah nafs jiwa. Manusia punya kehendak hanya dua, baik atau jahat dan¬†dalam ilmu akhlak ada baik ada buruk, mahmudah atau mazmumah. Tubuh hanya rangka, sedangkan hati adalah mesin penggerak. Dengan demikian
Ala bizikrilllahi tathmainnul qulub. Cara untuk menenangkan kita adalah dengan dzikir atau ingat Allah.

Manajemen Hati

Ahli tasawuf, Imam Ghozali yang dibahas adalah hati. Maka dari itu ada istilah manajemen hati. Karena biar bagainanapun hati itu dicerminkan oleh perilaku. Acuan benar berdasar nilai agama dengan berlandas pada Al-Qur’an dan sunnah. Contoh yang baik seperti halnya akhlak nabi. Karena akhlak nabi adalah Al-Qur’an.

Baca juga : Imajinasi dan Kedahsyatan Otak Manusia

Akhlak Nabi

Bagaimana akhlak Nabi? Diantaranya; Sidik berarti benar, fatonah berarti cerdas, tabligh menyampaikan dan amanah berarti bisa dipercaya. Adil di sini adalah menempatkan sesuatu sesuai porsinya atau tidak berat sebelah. Sehingga adil tidak harus sama. Itulah alasan mengapa ilmu hukum itu lambangnya timbangan. Setiap sesuatu hal memiliki hak dan kewajiban untuk itu wajib menyeimbangkan keduanya. Misalnya hak tubuh, untuk istirahat, untuk diberi gizi, dan kasih sayang. Mengapa? Karena badan adalah amanah dari Allah. Perawatan merupakan bentuk syukur terhadap Allah SWT.

Sumber rujukan : https://tafsirweb.com/5782-quran-surat-al-hajj-ayat-46

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *