Fungsi Teori dalam Implementasi PAUD

Fungsi Teori dalam Implementasi PAUD

Fungsi Teori dalam Implementasi PAUD

Teori wajib dipahami oleh mahasiswa pendidikan sarjana agar mereka dapat mengimplementasikannya di lapangan. Khusus untuk pendidikan guru PAUD, teori akan menunjang kinerja guru ketika merencanakan program yang sesuai dengan karakteristik anak usia dini. Perencanaan program harus disesuaikan dengan tahapan perkembangan anak dan karakteristik anak usia dini.

Jika seorang guru praktek mengajar di kelas tanpa didasari teori, maka akan terjadi kesalahpahaman stimulasi anak. Bisa jadi materi yang seharusnya belum diberikan sudah diajarkan oleh guru tersebut. Hal ini memungkinkan anak menjadi stress dan berfikir bahwa masuk PAUD itu hal yang tidak menyenangkan.

Tugas Pendidik PAUD

Tugas dari pendidik adalah menyiapkan lingkungan belajar yang senyaman mungkin untuk anak. Teori berfungsi agar dalam praktek guru memiliki arahan yang tepat. Ketika praktek ditemukan ada teori yang kurang sesuai maka sudah menjadi tugas guru untuk mencari tahu dengan mengikuti workshop lanjutan, seminar, atau bertanya pada yang dianggap lebih ahli.

Kebutuhan Teori dalam PAUD

Fungsi teori adalah PAUD membutuhkan konsep teoritik dalam implementasinya karena konsep teoritik memberikan arahan/ acuan terhadap pengembangan dan penyelenggaraan pendidikan anak usia dini. Konsep teoritik akan memberikan petunjuk bagaimana cara melayani anak agar dapat berkembang optimal, kegiatan apa yang cocok sesuai dengan tahapan usia, kebutuhan apa yang harus dipenuhi anak, kemampuan apa yang seharusnya mereka sudah miliki seuai dengan usianya, dan menanamkan nilai moralitas apa yang sesuai dengan kehendak masyarakat.

Sebaliknya implementasi PAUD yang tidak didasarkan pada teori yang benar akan menjadikan pendidikan tanpa arah yang jelas, tujuan pendidikan yang tidak relevan dengan perkembangan anak, dan memungkinkan anak diberikan perlakuan atau stimulus yang salah tidak sesuai dengan karakteristik dan usianya.

Baca juga : Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini

Share

2 thoughts on “Fungsi Teori dalam Implementasi PAUD

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *