Faktor dan Dimensi Lain yang Mempengaruhi Pembelajaran

Faktor dan Dimensi Lain yang Mempengaruhi Pembelajaran

Faktor dan dimensi lain yang mempengaruhi pembelajaran diantaranya adalah keluarga. Manusia belajar, tumbuh dan berkembang, mengetahui tentang sesuatu bersumber pada pengalaman pertama yang diperoleh dari lingkungan keluarga. hal ini karena keluarga menjadi pendidik pertama dan utama. keluarga merupakan tempat untuk sampai pada penemuan bagaimana ia menempatkan dirinya ke dalam seluruh kehidupan dimana ia berada di titik namun pemenuhan nilai tersebut belum disertai dengan kemampuan dan keterampilan yang sama dan sebangun dengan berlaku di taman kanak-kanak.

Oleh karena itu kemampuan dan keterampilan yang telah dibangun di dalam keluarga merupakan modal perkembangan bagi anak usia dini yang harus dilanjutkan di jenjang sekolah sebagai pendidikan formal. hal ini karena perkembangan manusia tidak dimulai dari tabularasa melainkan terkandung sumber daya yang memiliki kondisi sosio-kultural fisik biologis yang berbeda-beda. Perbedaan tersebut tidak dapat dipisahkan dari kondisi sosial kultural fisik dan biologis dalam lingkungan titik dengan demikian tumbuh kembang manusia tidak berjalan sendiri melainkan akan selalu melibatkan orang lain dalam lingkungannya terutama lingkungan keluarga atau orang tua.

Dalam kaitannya dengan implikasi pembelajaran anak usia dini yang sedang tumbuh kembang, pemberian kesempatan yang seluas-luasnya untuk belajar dan bermain berdasarkan minat dan kebutuhan anak menjadi hal yang amat penting sebagai respon kebutuhan terhadap anak. pemberian kesempatan ini akan mendapat perolehan sehingga anak dapat berkembang sesuai dengan bakat dan minatnya masing-masing secara optimal pula. perbedaan bakat dan minat kemampuan harus menjadi perhatian para pendidik anak usia dini dan guru taman kanak-kanak dalam memberikan layanan belajar dan bermain secara bebas.

baca juga : Metode Pembelajaran Bagian Satu

Hal ini karena dimensi tersebut ikut mempengaruhi hasil belajar anak titik itulah model belajar yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan perkembangan anak seperti membantu mengembangkan kau memperhalus dan memperdalam pemahaman aspek-aspek yang menonjol pada anak yang harus diperhatikan dan dipenuhi dalam proses pembelajaran mereka secara tepat.

 

..

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *