Cara untuk Mencari Referensi di Internet, Mudah dan Cepat

Cara untuk Mencari Referensi di Internet, Mudah dan Cepat

Cara untuk mencari referensi pembuatan makalah, artikel, jurnal skripsi tesis dan disertasi sangat mudah sekali. Teman-teman bisa menggunakan berbagai macam mesin penelusur seperti google atau langsung mengetikkan alamat website mencari jurnal ataupun buku elektronik yang ada di internet. Berikut beberapa cara yang dapat teman-teman lakukan untuk mencari sumber referensi yang ada di internet:

Yang pertama adalah menggunakan google. jadi teman-teman langsung mengetikkan keyboard di kolom search disertai dengan, pdf jurnal. sebagai contoh teman-teman ingin mencari jurnal tentang Perkembangan bahasa anak. berarti yang teman-teman tulis adalah: perkembangan bahasa anak, pdf jurnal. Kenapa harus dikasih, pdf jurnal, agar mesin pencari atau google itu menyaring data data yang ditampilkan itu yang berbentuk pdf dan juga dia bentuknya jurnal itu. jangan sampai kalau kita tidak menggunakan, pdf jurnal maka yang ditampilkan adalah yang diblok atau di website itu akan muncul. kenapa? karena kalau kita menggunakan referensi di blogspot atau wordpress itu sumber referensinya kurang dapat dipercaya.

baca juga: Cara Akreditasi Jurnal Ilmiah di Arjuna

Yang kedua adalah melalui google scholar. Ketika teman-teman mengetikkan www.googlescholar.com maka nanti akan muncul halaman muka tampilan depan dah, di tampilan tersebut teman-teman bisa ketikkan nama jurnal ataupun materi yang ingin temen-temen cari referensinya. tapi di sini tidak usah menggunakan, pdf jurnal karena apapun nanti yang teman-teman ketika di situ pasti yang berbentuk pdf yang akan ditampilkan nah ini cara yang mudah juga titik cuman kalau admin pribadi itu tidak terlalu suka menggunakan google schoolar karena tampilannya itu terlalu kurang rapi gitu ya kalau menurut saya. Bisa menggunakan google secara langsung tadi dengan ditambahkan, pdf jurnal itu hanya sekedar saran titik kembali lagi semuanya sesuai dengan kebiasaan teman-teman.

Yang ketiga temen-temen mendaftarkan diri di perpusnas Elektronik. Dalam perpustakaan elektronik ini terdapat berbagai macam situs penyedia jurnal yang gratis ataupun berbayar yang teman-teman bisa akses seperti Jurnal sage, Jurnal proquest , jurnal taylor, Dan jurnal Sains direct. Biasanya jurnal yang gratis langsung memunculkan icon download pdf kumaha tetapi untuk jurnal yang berbayar dia hanya memunculkan doi atau bahkan tidak ada sama sekali titik bagi juga yang berbayar dengan hanya memunculkan DOI saja maka teman-teman harus membuka DOI tersebut dengan situsi Scihub.tw

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *