Cara Akreditasi Jurnal Ilmiah di Arjuna

Cara Akreditasi Jurnal Ilmiah di Arjuna

Akreditasi Jurnal Ilmiah melalui Akreditasi Jurnal Nasional (Arjuna)

Dikutip dari risbang.ristekbrin.go.id disebutkan bahwa, mekanisme pengajuan akreditasi jurnal ilmiah dilakukan melalui portal Akreditasi Jurnal Nasional (http://arjuna.ristekbrin.go.id). Pengajuan akreditasi jurnal ilmiah menurut peraturan baru akan dimulai pada 1 Juni 2018.

Masa pendaftaran akreditasi jurnal ilmiah terus dibuka sepanjang tahun, demikian pula proses penilaian akreditasi dilakukan sepanjang tahun juga. Penetapan hasil akreditasi dilakukan sekali setiap 2 bulan.

Peringkat Akreditasi Jurnal Nasional

Masih dari risbang.ristekbrin.go.id, peringkat Akreditasi dibagi menjadi 6: Peringkat 1 nilai minimal 85 sampai 100;  Peringkat 2 nilai minimal 70;  Peringkat 3 nilai minimal 60; Peringkat 4 nilai minimal 50; Peringkat 5 nilai minimal 40; dan  Peringkat 6 dengan nilai minimal 30.

Peringkat tersebut dibuat untuk memberikan pilihan bagi lembaga pembina karir jabatan fungsional. Untuk memilih peringkat akreditasi jurnal ilmiah yang sesuai untuk syarat pengajuan kenaikan jenjang jabatan fungsional. Ketentuan persyaratan tersebut akan diatur kemudian oleh masing-masing lembaga pembina jabatan fungsional.

Dengan keluarnya Permenristekdikti tersebut, maka diharapkan lembaga-lembaga pembina jabatan fungsional dan pimpinan perguruan tinggi dapat menyesuaikan kembali ketentuan-ketentuan terkait kategori jurnal ilmiah terakreditasi untuk syarat publikasi ilmiah.

Jurnal Ilmiah harus Daring atau Online

Jurnal ilmiah yang akan diajukan akreditasi harus sudah dikelola secara elektronik (daring/on-line), memiliki tim editor serta reviewer dengan pengalaman publikasi yang baik.

Persyaratan Akreditasi Jurnal Ilmiah Nasional

Persyaratan pengajuan akreditasi jurnal ilmiah adalah:

1. Telah memiliki nomor ISSN versi elektronik dan Digital Objek Identifer (DOI) untuk setiap artikelnya;
2. Telah terbit minimal dua tahun berturutan;
3. Minimal terbit dua kali setahun dengan minimal masing-masing terbitan 5 artikel; dan
4. Memiliki etika publikasi.

Pengelola jurnal mengajukan akreditasi melalui portal Arjuna dengan mengisi borang dan melakukan evaluasi diri. Setelah dinyatakan lolos persyaratan administrasi maka jurnal akan periksa oleh minimal 2 asesor manajemen dan 2 asesor substansi yang sesuai dengan bidang keilmuan jurnal.

Peringkat jurnal hasil akreditasi dapat dilihat dalam portal SINTA (http://sinta2.ristekdikti.go.id) dengan nama Sinta 1 sampai 6. Bagi jurnal yang nilainya kurang dari 30 akan dilakukan pembinaan secara khusus oleh Kemenristekdikti melalui mekanisme pelatihan dan pendampingan sehingga jurnal ini dapat terakreditasi.

Langkah – langkah Akreditas Jurnal Ilmiah di Arjuna

Langkah Pertama

Login ke Arjuna pada link http://arjuna.ristekbrin.go.id jika belum punya akun, silahkan klik daftar dengan melengkapi informasi yang diminta pada form perndaftaran

Langkah kedua

masukkan issn atau nama jurnal di kolom pencarian Garuda
Masukkan issn atau nama jurnal di kolom pencarian Garuda

Jurnal harus terindeks Garuda Ristekbrin, jika belum terindeks bisa daftar pada link berikut http://garuda.ristekbrin.go.id/suggest. Lengkapi form yang dibutuhkan, kemudian tunggu balasan dari admin ke email. Indeksasi bervariasi tergantung antrian pada Garudan Ristekbrin.

Langkah ketiga

Tambahkan jurnal yang akan diajukan akreditasi
Tambahkan jurnal yang akan diajukan akreditasi

Jika jurnal sudah terindeks Garudan Ristekbrin, maka anda dapat menambahkan artikel dalam daftar draf ajuan akreditasi jurnal nasional

Langkah keempat

Menu pada Dashboard pengajuan akreditasi nasional
Menu pada Dashboard pengajuan akreditasi nasional

Ikuti tahap pengajuannya sesuai dengan menu yang ada pada dashboard Arjuna

Selengkapnya dapat dibaca pada Power Point berikut ini

Download PPT Akreditasi Jurnal Nasional 2020

Share

One thought on “Cara Akreditasi Jurnal Ilmiah di Arjuna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *