Bunda Cari Sekolah PAUD untuk Anak? Simak Ulasan Berikut

Bunda Cari Sekolah PAUD untuk Anak? Simak Ulasan Berikut

Bunda ada yang sedang nyari lembaga prasekolah? Artikel kali ini kita akan membahas tentang peran sekolah yang ada di kota jogja. Tahun 2021 ini banyak sekali lembaga prasekolah di kota jogja yang bermunculan.Ada yang murah, mahal, berbasis agama, berbasis montessori berbasis high scope dan macam-macam lainnya. Berikut beberapa lembaga prasekolah yang sudah pernah admin kunjungi atau observasi yang bisa dijadikan pandangan atau tujuan bagi bunda yang sedang memilih lembaga prasekolah untuk anak-anak.

1. KB -TK Pedagogia FIP UNY

Kb tk pedagogia fip uny adalah salah satu lembaga prasekolah yang berada di daerah bantul. Sekolah ini merupakan salah satu laboratorium milik fakultas ilmu pendidikan universitas negeri yogyakarta yang sudah diakui keunggulannya di kalangan masyarakat. Program yang disediakan mulai dari kelompok bermain sampai sekolah dasar ada di lembaga ini. Untuk kelompok bermain program dilakukan selama 3 kali dalam seminggu sedangkan untuk tk dilakukan sejak hari senin sampai dengan hari sabtu. Untuk kelompok bermain memiliki dua kelompok usia yaitu 2 sampai 3 dan 3 sampai 4 tahun sedangkan untuk tk masing-masing kelompok usia tk a dan tk b itu memiliki dua kelas. Jumlah siswa di setiap kelasnya tidak lebih dari 15 anak hal inilah yang menjadikan pedagogia atau sekolah tk pedagogia ini lebih fokus dalam pembelajaran. Jumlah siswa yang sedikit diimbangi dengan 1 guru inti dan juga 1 guru pendamping menjadikan pembentukan nilai-nilai pembiasaan itu semakin lebih kental.

Baca juga: Lagu Anak untuk Perkenalan ada Hari Pertama Sekolah

Ada juga program fullday yang diperuntukkan untuk anak kelompok bermain maupun anak tk yang dilakukan setiap harinya sampai jam 4 sore. Fasilitas yang disediakan di sekolah ini cukup lengkap di antaranya ada kolam renang, kemudian kamar mandi yang sudah sesuai standar untuk anak jadi tinggi kamar mandi itu disesuaikan dengan tinggi anak, kemudian kamar mandi guru juga ada sendiri, dapur, perpustakaan, dan ruang kelas. Sekolah ini berbasis umum jadi untuk nilai-nilai keagamaan nanti akan dilakukan pada pada saat-saat tertentu dan juga mengundang guru agama secara tersendiri.

2. PAUD An-Nuur

Paud an-nur berada di kota sleman. Sekolah ini berbasis agama islam dengan pelayanan usia dari usia 0 sampai dengan 6 tahun. Lokasi sekolah ini terbilang cukup aman karena berada di tengah dusun.

Fasilitas yang ada cukup memadai di antaranya yang paling menonjol adalah adanya masjid untuk praktek sholat anak-anak, pendopo untuk pentas seni, dan ruang kelas yang cukup besar. Setiap ruangan memiliki 1 guru inti yang didampingi oleh 1 guru pendamping.

Karena sekolah ini berbasis islam maka pembiasaan yang berkaitan dengan praktek ibadah Dilakukan setiap hari seperti setiap pagi dilakukan salat dhuha kemudian sebelum anak-anak pulang siang hari dilakukan salat zuhur secara berjamaah. Ketika salat berjamaah anak-anak juga dilatih menjadi imam jadi imam salat nya dari anak-anak itu sendiri, bu guru mengawasi dari belakang.

Sekolah ini juga melayani full day sampai sore hari. Selain itu Bunda yang memiliki bayi atau anak di bawah 2 tahun juga dapat diikutsertakan di paud an-nur tapi dalam program tpa. Dibimbing langsung oleh salah satu pimpinan yayasan yang merupakan dosen pg paud uny paud an-nur memiliki visi dan misi yang sudah sesuai dengan pendidikan anak usia dini.

3. KB TK Bintang Kecil

Sekolah ini berada di daerah wirobrajan. Program layanan terdiri dari kelompok bermain sampai dengan taman kanak-kanak. Oh ini juga cukup luas karena memiliki beberapa ruangan kelas yang saling terintegrasi satu dengan yang lainnya. Kb tk bintang kecil berbasis agama islam sehingga pembiasaan praktek ibadah setiap hari dilakukan.

Itulah beebrapa lembaga prasekolah yang dapat menjadi pilihan di jogja.

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *