Buku Asesmen Perkembangan AUD

Buku Asesmen Perkembangan AUD

Download buku Asesmen Pekembangan AUD

Paragraf dibawah ini merupakan cuplikan dari buku Asesmen Perkembangan AUD yang ditulis oleh Ibu Ria Novianti Dosen Universitas Riau Pekanbaru. Buku asesmen tersebut dapat di download pada link dibawah.

Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini

Sejalan dengan perkembangan anak, penelitian dan asesmen pada anak usia dini telah mulai dilakukan sebelum anak tersebut dilahirkan, yaitu yang dikenal dengan asesmen pertumbuhan dan perkembangan janin.

Setelah janin lahir dan hingga masa kanak-kanak awal berbagai metode telah digunakan untuk mengevaluasi perilaku serta tumbuh kembangnya. Hal ini terus menerus dilakukan untuk memastikan anak mencapai kemampuan dan keterampilan tertentu sesuai dengan tahap perkembangannya.

Pengertian Asesmen Perkembangan AUD

Adapun maksud asesmen perkembangan anak usia dini yaitu; proses penilaian yang komprehensif dan melibatkan anggota tim untuk mengumpulkan dan mengevaluasi informasi mengenai performa anak, sesuai dengan tahap perkembangan yang sedang dilaluinya.

Hasil keputusan asesmen dapat digunakan untuk menentukan layanan pendidikan yang dibutuhkan anak dan sebagai dasar untuk menyusun suatu rancangan pembelajaran.

Contoh Pelaksanaan Asesmen Perkembangan AUD

Contoh pelaksanaan asesmen yang bisa kita amati di antaranya adalah; pada sekolah guru mengases perkembangan sosial, emosional dan fisik anak. Sebagaimana juga perkembangan intelektualnya. Dokter anak mengases anak tidak hanya dengan memperhatikan berat badan. Namun memeriksa kemampuan melihat, mendengar dan refleksnya, tetapi juga mengobservasi kemampuan anak berjalan dan bagaimana hubungan anak dengan orang tuanya.

Serupa dengan itu, program pendidikan di-ases tidak hanya dengan mengukur keberhasilan anak dalam belajar, tapi juga kepuasan orang tua terhadap kemajuan anak serta perasaan guru terhadap pencapaian anak.

Asesmen Perkembangan anak TK

Asesmen yang dilakukan pada anak yang duduk di bangku Taman Kanak-kanak tentunya berbeda dengan asesmen yang diperuntukkan bagi individu yang dewasa.

Hal ini didasarkan pada beberapa alasan, yaitu ketidakmampuan anak usia dini dalam hal baca tulis serta perbedaan perkembangan anak yang seringkali membutuhkan strategi pengukuran yang berbeda pula.

Baca juga: Buku PAUD Edukasi Seks untuk Anak Usia Dini

Strategi Asesmen Perkembangan AUD

Oleh karena itu strategi asesmen yang digunakan harus sesuai dengan tingkat perkembangan mental, sosial dan fisik anak pada tiap tahapan usia. Mengingat pesatnya perkembangan anak usia dini maka memerlukan asesmen untuk mengetahui apakah anak berkembang secara normal.

Apabila melalui asesmen yang dilakukan ditemukan keterlambatan dalam perkembangannya maka orang tua dan pendidik dapat segera mengambil tindakan atau strategi yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut hingga anak dapat mencapai perkembangan yang diharapkan.

Sebaliknya bila melalui asesmen menemukan anak mengalami perkembangan lebih cepat dibandingkan dengan perkembangan rata-rata anak lain seusianya. Guru dapat merancang program pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan anak secara individual.

Download buku Asesmen PAUD

 

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *