Bolehkah Anak Main Hujan? Ini Manfaatnya

Bolehkah Anak Main Hujan? Ini Manfaatnya

Hujan bisa jadi berkah dan musibah

Hujan adalah berkah bagi alam semesta yang dikaruniakan Alloh kepada segenap makhluk hidup yang ada di alam semesta, dengan hujan tumbuhan dapat tumbuh subur sehingga binatang dan manusia dapat memperoleh manfaat dari tumbuhan tersebut. Dengannya mata air dapat terjaga sehingga makhluk hidup yang ada di bumi dapat hidup dan berkembang.

Namun dengan hujan pula dapat terjadi musibah banjir, tanah longsor dan berbagai musibah lainnya yang dapat merusak dan mengusik kehidupan manusia, jika ditelisik musibah tersebut adalah karena kesalahan manusia itu sendiri, misalnya; budaya membuang sampah sembarangan, menebang pohon sembarangan dan lain sebagainya.

Hujan disenangi anak

Bagi anak anak hujan merupakan kebahagiaan, tentunya yang normal tidak disertai badai dan petir. sebagaimana kodrat anak sejak dalam kandungan selama 9 bulan 10 hari bermain dengan air, maka ketika melihat air maka keinginan kuat mereka muncul untuk main hujan.

Anak anak dengan ceria bermain-main di luar rumah saat hujan, menikmati percikan dan dinginnya air, saking asyiknya tanpa disadari sampai kedua jemarinya mengkerut. Kadang membuat sungai-sungaian, jembatan, air terjun dan banyak imajinasi lainnya.

Kekhawatiran Orangtua

Sebagai orang tua tentunya sangat bahagia jika anaknya bahagia, bukan sebaliknya. Sayang sekali jika kesempatan anak memperoleh kebahagiaan dengan main hujan hancur akibat kurangnya pengetahuan orang tua mengenai keberkahan  hujan. Beberapa orang tua mengangap membawa sial, membawa bencana, bikin anak sakit dan banyak anggapan lainnya sehingga melarang anaknya. Padahal banyak manfaat yang diperoleh oleh anak.

5 Manfaat air hujan

Sebelum mereka bermain, pastikan mereka dalam keadaan sehat dan turun tidak terlalu deras yang tidak disertai angin atau petir.

Nah, lebih baik Mama baca ulasan 5 manfaat untuk anak-anak ketika bermain hujan-hujanan berikut ini:

1. Menstimulasi kemampuan motorik anak

Menstimulasi kemampuan motorik anak Rawpixel/Teddy Rawpixel Perhatikan deh Ma ketika si Kecil bermain di bawah hujan, ia akan menggerakkan seluruh tubuhnya untuk melompat melihat sumber hujan turun dari langit dan menadah hujan dengan tangan. Daya gerak dan aktivitas mereka tersebut akan menstimulasi kemampuan fisik motoriknya untuk berkembang optimal. Bahkan agar lebih seru, ajak ia melompat-lompat di genangan air hingga menciptakan jenis cipratan yang berbeda-beda. Dengan begitu melatih kecerdasan musikal dan logika berpikir.

2. Merangsang kreativitas dan imajinasi si Kecil

Merangsang kreativitas imajinasi si Kecil Freepik Ma, saat anak main hujan itu ternyata kreativitas dan imajinasi anak pun juga akan muncul dengan sendirinya. Misalnya, di bawah terpaan hujan ia dapat mengumpamakan dirinya sebagai seorang penari atau sebagai seorang jagoan. Semua itu bisa berdampak positif terhadap perkembangan daya imajinasi dan meningkatkan kecerdasan naturalisnya.

3. Membuat rambut bersinar

Freepik Air hujan memiliki kadar kenetralan PH yang hampir sempurna, bebas garam, dan bebas mineral yang buruk bagi rambut. Manfaat anak dari bermain hujan-hujanan yaitu bisa membuat rambut bersinar. Hal ini air hujan baik untuk mempertahankan akar rambut sehingga bisa mencegah masalah rambut rontok. 4. Menghilangkan racun dalam tubuh

4. Menghilangkan racun dalam tubuh

Pexels/Bibhukalyan Acharya Manfaat lain dari bermain hujan-hujanan juga bisa menghilangkan toksin pada tubuh si Kecil. Semakin sering anak-anak terguyur air hujan maka ia akan memiliki kekebalan tubuh yang semakin baik. Dengan demikian, tubuhnya akan terbebas dari racun.

5. Menguatkan tulang Freepik Tahukah Ma? Beberapa penelitian menyebutkan bahwa hujan-hujanan bisa membuat tulang semakin kuat. Ion negatif yang terkandung pada air hujan dipercaya bisa menghasilkan reaksi biokimia, menetralkan keasaman tubuh dan menghancurkan radikal bebas penyebab rapuhnya tulang. Dinginnya air juga akan menetralkan suhu tubuh dengan baik dan melancarkan sistem peredaran darahnya.

Sumber kutipan dapat dibaca disini

3 Manfat air hujan lainnya

1. Menambah pengetahuan anak Saat anak main hujan,

Anda bisa ikut menemani sambil menjaga anak. Anda pun bisa menjelaskan secara sederhana pada si kecil tentang hujan, dari mana hujan, apa bahayanya jika terlalu lama hujan, atau semua pertanyaan yang dilontarkan si kecil tentang keingintahuannya terhadap hujan dan alam.

2. Menambah kemampuan fisik dan motorik

Ketika si kecil bermain di bawah hujan, ia akan menggerakan seluruh tubuhnya untuk melompat menengok ke atas (melihat sumber hujan turun), menadah hujan dengan tangan, mencipratkan air, hingga merasakan perubahan sensor dari panas ke dingin. Daya gerak dan aktivitas anak tersebut akan merangsang stimulasi motorik serta kemampuan fisik yang optimal, terutama rangsangan kulit yang langsung terkena air.

3. Merangsang kreativititas dan imajinasi anak

Tidak hanya orang dewasa saja yang berimajinasi dan mendapatkan inspirasi ketika hujan turun. Nyatanya, saat anak main hujan, imajinasi dan kreativitasnya akan muncul seiring dengan khayalan mereka. Misalnya, dengan bermain perahu kertas di genangan hujan, menyiram tanaman dengan hujan, dan masih banyak lainnya. Saat hujan, si kecil akan mencoba berpikir kreatif, ditambah melakukan dengan cara yang menyenangkan.

Baca sumber kutipan disini

Larangan main hujan

Masih terngiang dalam pikiran kita saat masih usia anak anak, kakek nenek kita tidak melarang main hujan, hanya menyampaikan pesan;

“hati-hati main hujan dan setelah selesai main mandi keramas agar tidak demam”

Cukup sederhana yang disampaikan oleh nenek moyang kita agar kedua kehendak dapat berjalan bersama-sama, anak mengingingkan kebahagiaan dengan main hujan dan keinginan orangtua agar anaknya tetap sehat juga dapat terpenuhi.

Intinya anak anak berhati-hati saat main dan setelah main harus mandi keramas.

Demikian postingan ini semoga bermanfaat, terus kunjungi Sabyan Website, jika ada yang berbeda pendapat silahkan tulis di kolom komentar, terimakasih.(mf)

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *