Berapa lama Artikel terindeks Google Scholar?

Berapa lama Artikel terindeks Google Scholar?

Berapa lama artikel yang sudah dipublikasikan di jurnal online dapat terindeks Google Scholar? pertanyaan ini sering muncul ketika penulis mempublikasikan artikel disebuah jurnal online karena kebutuhan tertentu, misalnya untuk kenaikan pangkat dan keperluan lainnya.

Komplain Penulis Artikel

Bahkan sesaat setalah diberirahukan bahwa artikelnya baru dipublikasikan, penulis langsung cek di google scholar dan ketika tidak menemukan kemudian komplain ke Editor “Kok Artikel saya tidak ada di Google Scholar? atau bahkan ada yang sampai menuduh editor tidak benar dalam melakukan proses atau lebih sadis dibilang penipuan.

Berapa lama Artikel terindeks Google Scholar?

Waktu yang dibutuhkan google scholar mengindeks artikel tergantung beberapa faktor, misalnya; sudahkan pengelola jurnal melakukan upaya indeksasi melalui google webmaster [simak video], seberapa sering artikel online dikunjungi, dan memaksimalkan plugins sistem OJS nya.

Dari pengalaman penulis [editor jurnal obsesi] artikel dapat terindeks Google Scholar rata-rata  2 minggu setelah dipublikasikan, bisa jadi lebih cepat dan lebih lambat.

Apa yang dapat dilakukan penulis?

Apa yang dilakukan penulis agar artikelnya lebih cepat terindeks google scholar?  penulis dapat sesering mungkin mengunjungi artikel yang sudah dipublikasikan di jurnal. Penulis dapat menyebarkan link artikelnya ke orang banyak atau ke sosial media agar lebih banyak dikunjungi.

Baca juga: Download SK Akreditasi Jurnal Nasional Periode II tahun 2021

Demikian tulisan ini semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan mengenai publikasi ilmiah agar tidak salah memahami.

Share

One thought on “Berapa lama Artikel terindeks Google Scholar?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.