Belajar Online Asyik

Belajar Online Asyik

Belajar Online Asyik

Bosan? Tidak tambah pengetahuan? Tertekan? Ini solusinya.

Dilansir dari jalantikus.com, kasus penularan Covid-19 di Indonesia semaki hari semakin tinggi saja. Segala protokol pun mulai dijalankan pemerintah pusat dan daerah untuk menghentikan penyebaran virus.

Salah satu protokol yang dijalankan adalah penghentian sementara kegiatan belajar mengajar di sekolah atau kampus. Sudah berbulan-bulan lamanya kita belajar dari rumah tanpa bimbingan langsung dari pengajar.

Tapi kamu gak perlu khawatir! Melalui smartphone Android dan iPhone yang kamu miliki, sekarang ada banyak opsi aplikasi belajar tanpa bayar yang bisa diakses dengan internet alias e-learning, contohnya seperti aplikasi belajar bahasa.

Penasaran apa saja aplikasinya? Yuk simak dulu ulasan aplikasi belajar online gratis di Android yang sudah Jaka tulis lengkap di bawah ini, geng.

Tetap waspada dan jangan panik! Untuk menangkal penyebaran virus Corona (Covid-19), kegiatan belajar mengajar (KBM) di semua jenjang pendidikan ditiadakan dan dialihkan di rumah.

Hal ini disampaikan oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan hingga Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang menutup kegiatan belajar di sekolah hingga waktu yang tidak ditentukan.

Sebagai alternatif, siswa dianjurkan untuk tetap menerima materi belajar melalui aplikasi pembelajaran online (e-learning), seperti aplikasi Ruangguru dan aplikasi Rumah Belajar dari Kemendikbud.

Nah, kedua aplikasi di atas kini bisa diakses secara gratis tanpa bayar sepeser pun. Lalu aplikasi belajar gratis apa lagi yang bisa kamu gunakan? Berikut ulasannya!

1. Ruangguru

Aplikasi Belajar Online Ruangguru B1300

Siapa yang nggak tahu aplikasi belajar online ini? Ruangguru yang merupakan aplikasi bimbel online yang memiliki segudang fitur dan memudahkanmu dalam memahami materi-materi pelajaran.

Aplikasi Ruangguru menyediakan berbagai materai lewat menonton video yang disesuaikan dengan jenjang pendidikan dan kurikulum yang digunakan.

Dalam membantu program pemerintah dalam menangkal wabah Covid-19, Ruangguru juga menggelar Sekolah Online yang berupa aplikasi belajar tanpa bayar.

Setiap harinya, bakal ada materi pembelajaran mulai dari SD, SMP, hingga SMA yang bisa ditonton melalui live streaming mulai pukul 08.00-12.00.

Buat kamu yang mau download aplikasi Ruangguru gratis, yuk klik pada tautan di bawah ini, geng!

Detail Ruangguru – Bimbel Online
Developer ruangguru.com
OS Minimal Android 4.1 ke atas
Ukuran Bervariasi berdasarkan perangkat
Download 10.000.000 ke atas
Rating 4.7/5 (Google Play)

2. Rumah Belajar

Aplikasi Belajar Online Rumah Belajar B695f

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia atau Kemendikbud juga memiliki aplikasi belajar online gratis sendiri bernama Rumah Belajar.

Sama seperti Ruangguru, aplikasi Rumah Belajar ini merupakan aplikasi portal belajar online yang menyediakan konten berbasis audio visual, lengkap dengan berbagai elemen interaktif di dalamnya.

Ada beberapa fitur unggulan yang dimiliki Rumah Belajar, seperti Sumber BelajarLaboratorium MayaKelas MayaPeta Budaya, dan lain sebagainya yang bisa diakses tanpa bayar.

Selain melalui aplikasi mobile, aplikasi belajar gratis ini bisa juga diakses melalui browser di PC atau laptop lewat laman belajar.kemendikbud.go.id.

Detail Rumah Belajar
Developer Rumah Belajar Kemendikbud
OS Minimal Android 4.1 ke atas
Ukuran 12MB
Download 500.000 ke atas
Rating 4.8/5 (Google Play)

3. Google Classroom

Aplikasi Belajar Online Google Classroom 52683

Sebagai salah satu perusahaan teknologi terbesar di duniaGoogle juga ikut andil dalam menyukseskan belajar tanpa perlu ke sekolah lewat aplikasi bernama Google Classroom atau Google Kelas.

Aplikasi Google Classroom ini terkoneksi dengan akun Gmail sehingga mempermudah kamu, terutama untuk para pengguna smartphone berbasis sistem operasi Android.

Google Classroom yang sudah Jaka coba punya tampilan seperti sebuah forum, di mana guru dan para murid bisa berinteraksi di dalamnya. Misal mengerjakan tugas, memberikan nilai, hingga konsultasi.

Kalau menurut Jaka sendiri, Google Classroom lebih cocok dijadikan sebagai aplikasi kuliah online. Dikarenakan kurangnya konten interaktif yang menarik minat belajar anak-anak dan remaja, geng.

Detail Google Classroom / Google Kelas
Developer Google LLC
OS Minimal Bervariasi berdasarkan perangkat
Ukuran Bervariasi berdasarkan perangkat
Download 10.000.000 ke atas
Rating 3.0/5 (Google Play)

Download Google Classroom di sini:

4. Edmodo

Aplikasi Belajar Online Edmodo Ac54d

Aplikasi Edmodo saat ini memiliki tampilan dan fitur baru yang menghubungkan antara guru, murid, dan orang tua untuk mengetahui kegiatan belajar mengajar.

Selain memberikan materi dan penugasan, guru juga bisa mendapatkan survei dari metode pembelajaran yang mereka lakukan di dalam aplikasi pembelajaran online satu ini.

Edmodo juga menyediakan fitur pesan langsung yang menghubungkan antara siswa dan guru secara personal. Buat kamu yang penasaran, bisa langsung coba aplikasi kelas online yang satu ini ya!

Detail Edmodo
Developer Edmodo, Inc
OS Minimal Android 4.4 ke atas
Ukuran 22MB
Download 10.000.000 ke atas
Rating 4.2/5 (Google Play)

 

5. Quipper

Aplikasi Belajar Online Quipper 09415

Kemudian ada Quipper yang selain menyediakan opsi pembelajaran online, kamu juga bisa mengunduhnya dan belajar offline melalui aplikasi ini.

Quipper juga tergolong memiliki materi pembelajaran yang cukup lengkap dan disesuaikan dengan kurikulum yang ditetapkan oleh pemerintah.

Buat kamu yang sering lupa belajar, aplikasi untuk belajar ini juga bisa membuat jadwal mingguan agar proses belajar kamu lebih teratur.

Untuk menikmati konten-konten ekslusif yang ada di Quipper, setidaknya kamu bisa membayar biaya langganan mulai dari Rp90 ribuan per bulan, geng.

Detail Quipper
Developer Quipper Ltd.
OS Minimal Android 5.0 ke atas
Ukuran 11MB
Download 1.000.000 ke atas
Rating 4.1/5 (Google Play)

6. Zenius

Aplikasi Belajar Online Zenius D2b3a

Berpengalaman sejak 2004, Zenius menghadirkan berbagai fitur sebagai penunjang proses belajar, mulai jenjang SD, SMP, SMA, SMK, hingga kuliah lewat berbagai konten di dalamnya.

Fitur andalan dari aplikasi e Learning ini adalah simulasi UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) yang kini menjadi persyaratan utama untuk masuk mayoritas perguruan tinggi di Indonesia.

Zenius juga menyediakan materi Tryout yang bisa kamu kerjakan dan lihat hasil dan pembahasan soalnya sendiri, geng. Gak heran aplikasi ini dinobatkan sebagai aplikasi terbaik tahun 2019 versi Google Play Store.

Untuk materi lainnya, kamu juga bisa melihat menu Insight yang berisi materai pembelajaran dari tutor lulusan universitas ternama dari dalam dan luar negeri.

Detail Zenius – Belajar Online
Developer PT Zona Edukasi Nusantara
OS Minimal Android 5.0 ke atas
Ukuran 30MB
Download 1.000.000 ke atas
Rating 4.7/5 (Google Play)

 

7. KelasKita

Aplikasi Belajar Online Kelaskita 677b7

Selanjutnya ada aplikasi belajar online KelasKita yang menawarkan pilihan belajar di mana pun dan kapan pun.

Salah satu fitur unik dari KelasKita adalah fitur sosial yang memungkinkan untuk berinteraksi dengan para pengguna lain sehingga proses belajar kamu semakin menyenangkan.

Selain materai pembelajaran formal, aplikasi e-learning ini juga bisa meningkatkan skill dan keahlian lewat berbagai materi seperti pemrograman Android dasar, cara membuat website, desain grafis, dan lainnya.

Detail KelasKita – Kelas Belajar Online
Developer KelasKita
OS Minimal Android 5.0 ke atas
Ukuran 6,9MB
Download 50.000 ke atas
Rating 3.9/5 (Google Play)

8. Brainly

Aplikasi Belajar Online Brainly 100b1

Siapa di antara kamu yang belum mengenal forum belajar yang satu ini? Brainly merupakan salah satu forum komunitas pelajar terbesa di dunia, di mana lebih dari 100 juta orang berpartisipasi.

Cara kerjanya adalah kamu bisa menanyakan pertanyaan yang belum kamu pahami. Nantinya para pengguna Brainly akan menjawab pertanyaan kamu dengan penjelasan yang mudah dipahami.

Lalu bagaimana kalau ada pertanyaan dan jawaban yang tidak sesuai? Tenang saja, Brainly juga menyediakan fitur verifikasi yang dilakukan oleh para ahli, geng.

Dengan begini kamu pun nggak perlu panik lagi saat mengerjakan PR, tapi nggak tahu jawabannya. Cukup tanyakan di Brainly saja ya!

Detail Brainly – Aplikasi Edukasi
Developer Brainly, Inc
OS Minimal Android 5.0 ke atas
Ukuran 6,7 MB
Download 10.000.000 ke atas
Rating 4.6/5 (Google Play)

9. Pahamify

Aplikasi Belajar Online Pahamify E0f1a

Sementara itu untuk kamu para pelajar kelas 12 SMA dan sederajat, pasti dengan panik-paniknya dalam memilih kampus dan perguruan tinggi impian, kan?

Buat kamu yang mau lolos UTBK Saintek dan Soshum, SBMPTN, Ujian Mandiri, Simak UI, Ujian Masuk STAN, dan lain-lain boleh coba aplikasi bernama Pahamify.

Di sini kamu bakal belajar materi ujian lewat [konten video layaknya sepertinonton YouTube, didampingi dengan para mentor yang disebut sebagai Rockstar Teacher Pahamify.

Untuk kamu yang masih bingung dalam menentukan jurusan, Pahamify juga menyediakan fitur untuk melakukan konsultasi bersama ahli psikologi yang juga bisa kamu coba.

Detail Pahamify – Teman Belajar UTBK
Developer Pahamify
OS Minimal Android 5.0 ke atas
Ukuran Bervariasi berdasarkan perangkat
Download 100.000 ke atas
Rating 4.6/5 (Google Play)

 

10. Bimbel SMARRT

Aplikasi Belajar Online Bimbel Smarrt 8429c

Terakhir, ada aplikasi Bimbel SMARRT yang merupakan aplikasi bimbel online yang menyediakan berbagai materi pembelajaran yang jadi momok bagi kalangan pelajar.

Bimbel SMARRT menyediakan tiga mata pelajaran utama, yakni MatematikaFisika, dan Kimia yang mayoritas jadi kesulitan bagi para murid.

Aplikasi ini bakal menyediakan video interaktif berupa cara penyelesaian soal secara bertahap dan sederhana. Bimbel SMARRT juga menyediakan kuis untuk melatih pemahamanmu di dalamnya.

Detail Bimbel SMARRT – Smart and Free Learning Solution
Developer Bedigital Konektivitas Asia
OS Minimal Android 4.1 ke atas
Ukuran 14MB
Download 100.000 ke atas
Rating 4.3/5 (Google Play)

Sumber : https://jalantikus.com/tips/aplikasi-belajar-online-android/

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *