Belajar Alat Musik Sejak Dini

Belajar Alat Musik Sejak Dini

Seperti sudah banyak diketahui, mendengarkan musik klasik sangat disarankan bagi para ibu hamil. Pasalnya, musik klasik dipercaya mampu menstimulasi pertumbuhan otak janin dalam kandungan. Tak sampai disitu, belajar alat musik juga sangat baik bagi anak-anak usia dini. Hal ini dikarenakan belajar alat musik dapat memberi banyak manfaat bagi otak anak.

Sebuah studi yang dilakukan di Northwestern University menyebutkan bahwa berlatih atau belajar alat musik dapat mengubah fungsi otak dalam memproses suara. Bahwa orang-orang yang sudah berlatih musik sejak kecil akan menjadi lebih pandai dalam mencerna isi pidato yang disampaikan orang lain ketika mereka dewasa.

Baca Juga Anak Satu Tahun, Bagaimana Stimulasi Kogntifnya?

Kemampuan mencerna suara tersebut juga tidak akan hilang meskipun peserta sudah menua. Bahkan, sekalipun mereka sudah tidak bermain musik selama 40 tahun. Yang jelas, jika mereka pernah berlatih memainkan alat musik pada usia 4 hingga 14 tahun, maka kemampuan respons cepat dalam mencerna pidato akan tetap dimiliki.

Studi ini jelas menunjukkan betapa pentingnya pendidikan musik sejak dini. Pasalnya, manfaat tidak akan diperoleh untuk jangka pendek saja, namun hingga beberapa dekade ke depan. Hal itulah yang mungkin menjadi dasar alasan mengapa sekarang ini minat orang tua pada sekolah musik atau kursus belajar alat musik untuk anak terus meningkat.

Baca Juga : Bakat Anak Penting Ditumbuhkan Sejak Dini

Hasil scan otak juga memperlihatkan bahwa musisi yang belajar musik sejak kecil atau sebelum usia 7 tahun mengalami penambahan bagian putih pada corpus callosum di otak mereka. Corpus callosum adalah kelompok serat saraf yang mengkoneksikan bagian otak kiri dan otak kanan manusia. The Journal of Neuroscience juga menekankan bahwa manfaat belajar alat musik sejak dini bukanlah sekedar kebisaan memainkan alat musik saja, tetapi lebih dari pada itu. Bagaimana tertarik untuk mengajarkan musik sejak dini?

Baca Juga : Praktik Keterampilan Hidup Anak Ala Montessori

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *