Beda Evaluasi, Pengukuran, dan Penilaian

Beda Evaluasi, Pengukuran, dan Penilaian

Beda evaluasi, pengukuran, dan penilaian seperti apa? Mari kita bahas dalam artikel berikut ini.

evaluasi merupakan suatu proses penetapan nilai tentang kinerja dan hasil belajar siswa berdasarkan informasi yang diperoleh melalui penilaian. sedangkan penilaian adalah proses pengumpulan informasi atau data yang digunakan untuk membuat keputusan tentang pembelajaran. pembelajaran yang dimaksud mencakup siswa kurikulum program dan kebijakan. proses penilaian meliputi pengumpulan bukti-bukti tentang pencapaian belajar siswa. bukti ini tidak selalu diperoleh melalui tes saja, tetapi bukti ini bisa dikumpulkan melalui pengamatan atau laporan diri jadi tidak hanya diperoleh melalui tes saja.

tiga komponen yang harus dievaluasi dalam pembelajaran biasanya pengetahuan keterampilan dan sikap Apa yang perlu dirubah. untuk mengevaluasi komponen pengetahuan dan atau perubahan sikap dapat digunakan tes tertulis atau paper and pencil test sebagai alat ukurnya. evaluasi program untuk meningkatkan keterampilan siswa dapat digunakan tes kinerja sebagai alat ukurnya. misalnya beberapa program untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi secara lisan guru dapat mengevaluasi level kecakapan siswa.

evaluasi ada dua jenis yaitu formatif dan sumatif. evaluasi formatif bertujuan untuk memperbaiki proses belajar mengajar hasil tes seperti kuis misalnya dianalisis untuk mengetahui konsep mana yang belum dipahami sebagian besar peserta didik. sedangkan evaluasi sumatif adalah evaluasi yang dilakukan pada setiap akhir satu satuan waktu yang didalamnya terdapat lebih dari satu pokok bahasan dan dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana siswa memhami materi yang diajarkan.

Pengukuran adalah proses penetapan angka-angka dengan cara yang sistematis untuk menyatakan karakteristik atau atribut individu . karakteristik atau atribut individu ini bisa berupa kemampuan kognitif afektif dan psikomotor. Selain itu akhir-akhir ini dikembangkan kemampuan emosi yaitu kemampuan mengendalikan emosi yang ikut menentukan kesuksesan seseorang dalam melaksanakan pekerjaan .

tes adalah suatu instrumen atau prosedur sistematis untuk mengamati dan menggambarkan satu atau lebih karakteristik siswa dengan menggunakan skala numerik atau skema klasifikasi. biasanya atas merupakan suatu rangkaian pertanyaan yang harus dijawab oleh siswa dan hasilnya merupakan skala numerik. dengan skema klasifikasinya atau nontes Biasanya berupa prosedur observasi wawancara dan jenis nontes lainnya.

baca juga:Penilaian Portofolio Anak Prasekolah

penilaian bertujuan untuk 1 membantu belajar siswa 2 mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan siswa 3 menilai efektivitas 4 menilai dan meningkatkan efektivitas program kurikulum 5 menilai dan meningkatkan efektivitas pengajaran 6 menyediakan data yang membantu dalam membuat keputusan dan 7 komunikasi dan melibatkan orang tua siswa.
penilaian berfokus pada individu yaitu prestasi belajar yang dicapai oleh individu proses penilaian meliputi pengumpulan bukti-bukti tentang pencapaian belajar peserta didik bukti ini tidak selalu diperoleh melalui teks saja tetapi juga bisa dikumpulkan melalui pengamatan atau laporan diri penilaian memerlukan data yang baik mutunya sehingga perlu didukung oleh proses pengukuran yang baik.

 

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *