ASI Eksklusif Wajib Diberikan pada Bayi !

ASI Eksklusif Wajib Diberikan pada Bayi !

Asi eksklusif adalah pemberian asi tanpa makanan dan minuman tambahan lain pada bayi berumur 0-6 bulan. Air susu ibu adalah makanan terbaik untuk bayi dan susu formula tidak mungkin menyamai asi titik komposisi asi berubah sesuai kebutuhan bayi titik dalam hati terdapat kolostrum yaitu susu yang dihasilkan oleh kelenjar susu dengan tahap akhir kehamilan dan beberapa hari setelah kelahiran bayi. kolostrum warnanya kuning dan kental.

Kolostrum penting bagi bayi karena mengandung banyak gizi dan zat-zat pertahanan tubuh. Selain itu, asi juga mengandung formilk dan hindmilk. Foremilk atau susu awal adalah sesuatu yang diproduksi pada awal proses menyusui sedangkan hindmilk atau susu akhir adalah asi yang diproduksi pada akhir proses menyesuai. Formilk diproduksi dalam jumlah banyak mengandung banyak protein laktosa dan protein lainnya berkadar air tinggi tetapi kadar lemaknya rendah. jumlah lemak yang tinggi dalam hindmilk ini akan memberikan banyak energi pada bayi dan menimbulkan rasa kenyang lebih lama.

baca juga : Imunisasi pada Balita, Apa Manfaatnya?

Sementara jumlah air yang berlimpah dalam foremilk Memenuhi kebutuhan air bayi. Asi adalah makanan terbaik yang dapat diberikan oleh ibu pada bayinya, juga untuk bayi prematur. komposisi asi yang dihasilkan ibu yang melahirkan prematur berbeda dengan komposisi asi yang dihasilkan oleh ibu yang melahirkan cukup bulan dan perbedaan ini berlangsung selama kurang lebih 4 minggu. jadi apabila bayi lahir sangat prematur maka pada usia kehamilan 4 minggu asi ibunya perlu ditambahkan zat gizi lain agar komposisinya menyamai komposisi yang bukan prematur. dalam kandungan asi juga terdapat faktor protektif karena terdapat enzim biofactor maupun limfosit.

Beberapa tanda keberhasilan laktasi adalah sebagai berikut:

Penurunan berat badan kurang dari 7% dalam beberapa hari pertama

Bayi kah berat badan lahir dalam 2 minggu

Laktasi berhasil dilakukan pada 2 sampai 4 hari pertama

Minimal 8 kali menyusui dalam 24 jam

Bayi dengan mudah melekat pada puting

Pada usia 5 sampai 7 hari bayi bayi defekasi 3 sampai 6 kali perhari dalam miksi sampai 6 kali perhari

Kenaikan berat badan 25 sampai 30 gram per hari pada 3 bulan pertama

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *