Alat Permainan Edukatif Murah dan Bermanfaat

Alat Permainan Edukatif Murah dan Bermanfaat

Alat permainan edukatif banyak dijual di toko maupun di pasar sekitar kita. Namun terkadang orangtua, sulit menentukan mana mainan yang tepat sesuai untuk usia anak. Berikut beberapa contoh alat permainan edukatif yang murah yang mudah ditemukan orang tua untuk menstimulasi perkembangan anak.

Leggo

Lego merupakan salah satu alat permainan edukatif yang berfungsi untuk menstimulasi perkembangan motorik halus anak dan kognitif. bahkan ketika anak bermain lego dengan temannya, lego dapat menstimulasi perkembangan bahasa dan juga sosial emosional nya. Orang tua atau guru bahkan bisa menilai nilai agama moral dan juga seni dari hasil kreasi lego anak-anak. Ukuran lego ada yang besar ada yang kecil. Lego yang berukuran besar diperuntukkan untuk anak-anak berusia 1 tahun sampai 2 tahun. Sedangkan lego yang kecil diperuntukkan bagi anak-anak yang berusia 4 sampai 6 tahun.

Mengapa ada perbedaan-perbedaan ukuran . ?Hal ini tentu berkaitan dengan kemampuan anak untuk mengkoordinasikan antara jari jemari dengan mata titik koordinasi anak-anak yang berusia lebih besar itu tentu lebih baik dibandingkan dengan anak-anak yang lebih kecil usianya. oleh karena itu selain koordinasi yang belum matang anak-anak yang lebih kecil akan lebih rawan untuk memasukkan lego-lego yang kecil ke dalam mulutnya dibandingkan dengan mereka yang sudah besar. Disini, peran orang tua atau guru sangat krusial karena memilih lego atau tidak sembarangan jadi harus dilihat usia anak masuk kelompok berapa.

baca juga : Alat Permainan Edukatif Kreasi Daun Kering Bentuk Binatang

Mobil mainan

Mobil mainan merupakan salah satu ape atau alat permainan edukatif yang dapat digunakan untuk menstimulasi perkembangan bahasa anak. Anak-anak dapat bermain peran menggunakan mobil-mobil kecil atau mobil yang besar Seakan-akan mereka sedang mengendarai mobil tersebut titik mereka akan menciptakan berbagai macam bunyi seperti brubru, don don, dindin, beep beep dan lain sebagainya. Meskipun Mainan mobil terlihat seperti tidak ada gunanya cuma namun sejatinya permainan ini juga bermanfaat untuk perkembangan kognitif anak. seperti contoh ketika anak Meluncurkan mobil dari tempat yang lebih tinggi ke tempat yang lebih rendah secara tidak langsung ia belajar bahwa ketika mobil diletakkan di tempat yang lebih tinggi maka mobil akan melaju dengan cepat titik meskipun mereka belum memahami hal ini tetapi mereka tahu bahwa tempat yang lebih tinggi akan membuat mobil melaju lebih cepat. Bentuk dan warna mobil juga bermanfaat untuk perkembangan kognitif anak. anak-anak dapat mengenal warna bentuk roda, bentuk mobil

Tiruan hewan

Mainan hewan-hewan yang biasa terbuat dari karet ini juga berfungsi untuk perkembangan bahasa anak dan juga kognitif. anak-anak yang mulai belajar untuk berbicara sangat penting untuk memiliki mainan ini karena mereka dapat membedakan berbagai macam hewan atau binatang yang mereka mungkin tidak bisa temui setiap hari tetapi sudah ada dalam bentuk mainan kecil. Tetapi yang perlu diingat bahwa anak-anak tidak akan mengingat meskipun orang tua sudah mengenalkan nama-nama hewan tersebut sebelum anak-anak melihatnya secara langsung. oleh karena itu sebelum membelikan mainan hewan tiruan, orang tua sebaiknya mengenalkan atau mengajak anak untuk melihat langsung Hewan-hewan tersebut. seperti mengunjungi peternakan,, atau kebun binatang.

 

 

 

 

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.