Ajak Anak Keluar Di Waktu Pandemi? Ini Tipsnya

Ajak anak keluar di waktu pandemi memang menjadi salah satu cara agar mereka tidak bosan di rumah. Terlebih bagi anak balita, tentu adalah hal yang menyenangkan bagi ibu untuk memperkenalkan dunia luar kepada anak. Memperlihatkan berbagai hal baru, pemandangan, ciptaan Tuhan di luar adalah salah satu cara agar perkembangan kosakata anak juga meningkat.

Namun sayangnya, di masa pandemi ini anak -anak lebih dituntut untuk di rumah masing-masing. Terlebih anak usia sekolah dasar dan menengah tentu mereka akan merasa jenuh jika terus-terusan di rumah. Nah untuk mengatasi hal-hal tersebut berikut beberapa tips yang dapat dilakukan orangtua ketika ingin mengajak anak sekedar jalan-jalan keluar mencari angin segar.

Cari lokasi terbuka

Lokasi yang terbuka seperti lapangan, alun-alun, pantai, atau taman. Orangtua harus memperhatikan jika lokasi tersebut tidak akan menimbulkan kerumunan dalam jarak dekat. Ketika di pantai, orangtua dapat mengajak anak untuk menghindari kerumunan orang banyak. Pilih lokasi yang sepi dan jauh dari orang-orang yang juga berkunjung. Jika nantinya sampai parkiran, orangtua melihat terlalu banyak pengunjung maka ajak anak untuk memilih lokasi yang lain.

Bawa handsanitizer

Perlengkapan ini wajib dibawa kemanapun dan kapanpun. Setelah menyentuh benda, minta anak untuk menggunakan handsanitizer agar tetap terjaga kebersihannya. Jangan lupa untuk mmeinta anak tidak terlalu banyak menyentuh benda-benda di lokasi.

Gunakan masker sekali pakai

Masker sekali pakai sangat dianjurkan untuk melawan masuknya virus ke tubuh. Bawa masker lebih dari satu untuk digunakan sebagai ganti. Ganti masker seluruh anggota keluarga setiap 4 jam sekali agar tetap terjaga kebersihannya.

Bawa makanan sendiri dari rumah

Sebisa mungkin orangtua dapat menyediakan berbagai camilan dan makan siang yang dibawa sendiri dari rumah. hal ini untuk meminimalisir kontak dengan benda yang telah disentuh oranglain. Memamgn terasa agak ribet namun ini lebih aman untuk anak.

Masa pandemi kita harus giat menjaga diri sendiri. JIkalau oranglain ada yang menyepelekan maka kita bisa mengingatkan, namun jika tetap tidak mau itu pilihan mereka. Kita jaga anak dan keluarga kita. Hidup new normal memang menjadi pilihan setiap orang.

baca juga : Pengasuhan Gizi Anak Usia Dini

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *