8 Permainan Tradisional Anak Sunda

8 Permainan Tradisional Anak Sunda

1. Oray Orayan

Permainan Oray-orayan (oray=ular) dimainkan secara berkelompok, biasanya  oleh 10-20 anak yang berbaris dari belakang ke depan berbentuk garis kurva bentuk dari ular. Sambil memegang pundak temannya yang ada di depan, mereka meliuk-liuk.

Oray-orayan
Luar leor ka sawah
Entong kasawah
Parena keur sedeng beukah
Oray-orayan
Luar leor ka kebon
Entong ka kebon
Di kebon loba nu ngangon
Mending ka leuwi
Di leuwi loba nu mandi
Saha anu mandi?
Anu mandina pandeuri

Foto : http://beautiful-indonesia.umm.ac.id
Foto : http://beautiful-indonesia.umm.ac.id

Selanjutnya ke 2 permainan Sasalimpetan

Share

15 thoughts on “8 Permainan Tradisional Anak Sunda

  1. oray-orayan ini suka banget main waktu kecil tapi sekarang gak bisa main lagi temen atrau anak sekarang mending main video game

  2. Permainan slep dur sama dengan permainan tam tam buku ,permainan tam tam buku dilakukan dengan cara memegang pundak kwn sambil di nyanyikan ,,nyanyianya berbunyi.tam tam buku salered piong batu pata dendeng pata paku anak dibbelakang tangkap satu ,
    Permainan ini sangat disukai oleh anak anak.karna sangat menghibur.

  3. Ada banyak kesamaan permainan dengan di tempat saya Penyasawan.yaitu permainan sleep Dur, di tempat saya permainan ini namanya tamtam buku,, yang di mainkan oleh beberapa orang anak, dua orang yang menjadi trowonganya,dan yg lain berderet sambil memegang pundak kawannya sambil menyanyikan,, “tam tambuku,, seleret piong batu, pata dendeng pata paku,, anak di belakang tangkap satu,, kemudian anak yang di tangkap di beri kebebasan memilih berdi di sebelah mana trowongan tersebut,,
    Permainan ini di sukai anak anak dan meningkatkan rasa percaya diri ,saling menghargai, dan terciptanya kekompakan dalam bermain, juga bermanfaat untuk tumbuh kembang fisik motorik, anak,,
    Ke dua permainan ucang ucang angge di tempat saya namanya ampuong ampuong,, biasanya di mainkan oleh 2 orang ,seperti sang ibu berbaring dan anak naik di kaki ibu , ibunya mengangkat turun naik kakinya sambil bernyanyi puong puong ampuong ,, si bintang copeklah Godang,, nak bulio dapek nak antau sikolah,, nak bulio dapekk nak antau manganji,, si bintang elok la puangai,,, nak bulio banyak kawan bamain,,
    Terimakasih

  4. Assalamualaikum
    Permainan tradisional yang sama dengan daerah tempat tinggal saya,salah satunya yaitu permainan perepet jengkol.namun ditempat saya nama nya ampar – ampar pisang dan dimain kan dengan lagu ampar-ampar pisang.permainan ini bisa dilakukan beberapa orang anak.cara mainnya sama dengan permainan perepet jengkol.

  5. Assalamualaikum
    Permainan tradisional yang sama dengan daerah tempat tinggal ku ,salah satunya yaitu permainan perepet jengkol.namun ditempat saya nama nya ampar – ampar pisang dan dimain kan dengan lagu ampar-ampar pisang.permainan ini bisa dilakukan beberapa orang anak.cara mainnya sama dengan permainan perepet jengkol.

  6. Assalamualaikum
    ada banyak kesamaan permainan tradisional khas sunda dengan permainan tradisional didaerah tempat tinggal saya
    salah satunya yaitu permainan slep dur.
    permainan slepdur kalau didaerah saya dimanakan permainan tam tam buku
    yang mana dua orang membentuk terowongan
    dan selebihnya membentuk barisan kereta api
    jadi teman yang membentuk seperti kereta api tersebut menyanyi sambil mengelilingi terowongan dan ketika nyanyian hampir selesai baru kereta api masuk kedalam terowongan tersebut
    tetapi kedua teman yang menjadi terowongan harus cepat menutup terowongannya ketika lagu habis supaya ada satu dari teman barisan akhir harus ditangkap oleh terowongan tersebut.

  7. Permainan ucang-ucang angge sama dengan permainan Ampuong-ampuong didaerah saya. Permainan ini dinyanyikan oleh seorang anak yang duduk di atas kaki orang yang melakukan ampuong-ampuong tersebut. Biasanya sering dilakukan oleh ibu dengan anaknya sambil menemani anak bermain.
    Terima kasih.

  8. Permainan perepet jengkol jika di sini saya bilang dia permainan ampar-ampar pisang karena Pola atau cara bermainnya sama. Hanya saja lagunya diganti dengan lagu ampar-ampar pisang, permainan ini bermanfaat bagi anak-anak yang memainkannya karena kompilasi bermain permainan ini dapat untuk mengembangkan sifat sosial anak dan kekompakan di sini juga dibor dalam bahasa anak, aspek motorik, nilai agama moral anak, seni anak dengan Cinta lagu ampar-ampar pisang. Permainan akan selesai jika anak selesai lagunya.

  9. Permainan oray-oranyan adalah permainan ular-ularan. Permainan ini biasanya dimainkan di lapangan terbuka dengan jumlah pemain bebas, semakin banyak semakin seru tentunya.
    Cara bermain ular-ularan cukup sederhana namun tetap dibutuhkan kelincahan dan kekompakan para pemainnya.
    Pemain terdepan, yang menjadi kepala ular, berusaha menangkap pemain yang paling belakang, yang menjadi ekor ular, sehingga barisan bergerak meliuk-liuk seperti ular sungguhan. Barisan ini tidak boleh terputus. Sambil bermain, pemain melantunkan nyanyian.

  10. permainan endog-endogan serupa dengan permainan tumbuk lanak-lanak di desaku. Permainan tumbuk lanak-lanak merupakan permainan yang terdiri dari 3 orang atau lebih, cara memainkan nya yaitu tangan di kempal dan di tumpuk-tumpuk menyerupai telur, permainan ini diiringi dengan lagu tumbuk lanak-lanak.
    Lagu nya adalah
    “Tumbuk lanak-lanak
    anak bidadari
    Pecah telur satu”

  11. Permainan slep dur sama dengan permainan tam tam buku ,permainan tam tam buku dilakukan dengan cara memegang pundak kwn sambil di nyanyikan ,,nyanyianya berbunyi.tam tam buku salered piong batu pata dendeng pata paku anak dibbelakang tangkap satu ,
    Permainan ini sangat disukai oleh anak anak.karna sangat menghibur.

  12. Cing ciripit sama dgn permainan ring ringkap,permainan ini dimain kan bnayk orang.semakin banyak semakin asyik.cara mainnya,siapa yg tertangkap telunjuknya dia yg mencari,berlariain menangkap teman.dan teman yg satu bs menolong teman yang lain dgn cara memengang badan/tangannya. Terimakasih…

    1. Permainan perepet jengkol kalau di sini saya bilangnya permainan ampar-ampar pisang dikarenakan Pola atau cara bermainnya sama. Hanya saja lagunya diganti dengan lagu ampar-ampar pisang, permainan ini bermanfaat bagi anak-anak yang memainkannya karena ketika bermain permainan ini bisa untuk mengembangkan sifat sosial anak dan kekompakan disini juga dilatih bahasa anak, aspek motorik, nilai agama moral anak, seni anak dengan bernyanyi lagu ampar-ampar pisang. Permainan akan selesai jika anak menyelesaikan lagunya.

  13. permainan paciwit ciwit lutung mirip dengan permainan injit injit semut, Permainan injit-injit semut ini juga dikenal karena lagunya yangmengiringi selama permainan yang dilakukan. Permainan injit-injit ini jugaharus dilakukan paling sedikit 2 orang , akan tetapi lebih seru jika dilakukandengan banyak orang.
    Permainan injit-injit semut ini dilakukan dengan tangan yang akan disusun ke atas tangan temannya dengan saling mencubit-cubit tangannya. Tangan yang berada di paling bawah akan berpindah ke atas untuk mencubit tangan temannyaketika lagu yang ia nyanyikan selesai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *