5 Lagu Anak Tradisional Wajib Diketahui Sikecil

5 Lagu Anak Tradisional Wajib Diketahui Sikecil

5  Lagu Anak Tradisional Yang Wajib Diketahui SiKecil

Lagu Anak Tradisional Wajib Diketahui Sikecil kini hidup pada era globalisasi. Sebagaimana anak-anak pada umumnya, ia pasti sudah banyak terpapar media dari negara asing. Mulai dari kartun yang ditonton dan lagu yang didengarkan. Namun, jangan membuat si kecil tidak mengenal budayanya sendiri, yaitu budaya Indonesia. Mulai kenalkan dia pada lagu anak tradisional!

Baca Juga : https://sabyan.org/kumpulan-lagu-dan-tepuk-tema-tanaman

Meskipun kini jarang terdengar, lagu anak tradisional tetaplah asik untuk dinyanyikan. Nada dan ritme lagunya cenderung bersemangat, serta lirik lagunya juga menyuarakan kegembiraan. Yuk, Mama Papa mulai kenalkan lagu anak tradisional kepada si kecil. Ketahui beberapa lagu anak tradisional yang populer dan wajib diketahui sebagai berikut :

1. Cublak Cublak suweng

Sejarah permainan ini, kaitannya dengan penciptaan lagu/tembang Cublak-cublak suweng yang berasal dari Walisongo, tokoh penyebar agama Islam di Pulau Jawa. Oleh karena itu permainan Cublak-cublak suweng memiliki makna filosofi yang dalam karena merupakan salah satu media yang digunakan Walisongo dalam dakwah menyebarkan Islam di Nusantara.Lirik lagu Cublak-cublak Suweng yang cukup familiar di masyarakat Jawa, secara keseluruhan menggunakan bahasa Jawa.

2. Potong bebek angsa

Lagu potong bebek angsa merupakan lagu anak tradisional yang berasal dari Provinsi Nusa Tenggara Timur. Sampai sekarang, lagu ini merupakan salah satu lagu anak yang populer dan banyak dinyanyikan. Lagu diciptakan oleh seorang pencipta lagu anak zaman dahulu yang bernama Pak Kasur.

3. Anak kambing saya

Lagu ini juga berasa dari provinsi yang sama, yaitu Nusa Tenggara Timur. Lagu ini memiliki irama yang girang, sehingga lagu ini banyak dinyanyikan anak-anak di sekolah atau ketika sedang bermain. Ada pendapat bahwa lagu ini bercerita tentang seorang ibu yang mencari anaknya. Ibu Sud atau Saridjah Niung disediakan sebagai pencipta lagu ini

4. Tokecang

Lagu ini merupakan lagu anak tradisional yang berasal dari Jawa barat. Terdengar jelas dari bahasa yang digunakan, yaitu Bahasa Sunda. Beberapa mengatakan pendapat bahwa Tokecang merupakan kepanjangan dari Tokek Makan kacang. Lagu ini juga bercerita tentang seseorang yang suka makan atau rakus. RC Hardjosubroto merupakan orang dibalik terciptanya lagu Tokecang.

5. Menanam Jagung

Lagu Menanam Jagung Ciptaan Ibu Sud yang berisi tentang kegiatan berkebun khususnya menanam jagung.Mulai dari mengambil cangkul hingga menanam benih jagung.Setelah mencangkul tanah, kemudian menanam benih jagung secara teratur.Lalu diberi pupuk supaya subur. Sehingga jagungya besar dan lebat buahnya.

Baca juga : https://sabyan.org/tag/lagu-anak-paud/

Hmm… wawasan mengenai lagu tradisional kini sudah bertambah! Mama Papa dapat mulai mencoba mengenalkannya kepada anak dan bernostalgia bersama. Selain itu, Mama Papa dapat melihat informasi dan ide aktivitas lainnya yang dapat membantu Mama Papa untuk mendidik si kecil di laman Info sabyan paud.

Referensi

NILAI MORAL DALAM LIRIK “DOLANAN CUBLAK-CUBLAK SUWENG”


https://www.google.com/amp/s/amp.kompas.com/skola/read/2020/07/13/061500369/coba-jelaskan-kembali-isi-lagu-menanam-jagung-dengan-bahasamu-sendiri

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *